Iklan Banner Sukun
Ragam

Khusus untuk orangtua

Si Bocil Sulit Bobok? Begini Tips dan Cara Agar Anak Mudah Tidur

Salah satu tips menidurkan anak dengan cara membacakan cerita (Pavel Danilyuk, Pexels)

Surabaya (beritajatim.con) – Para orang tua mungkin sering mengalami kesusahan dalam menidurkan anak-anaknya. Padahal tidur merupakan aktivitas yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Hal ini tak lepas dari sel-sel pada tubuh yang mengalami proses regenerasi ketika mereka tidur.

Pada dasarnya lama waktu tidur yang baik untuk anak ditentukan oleh usia. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) durasi tidur yang tepat perhari untuk bayi baru lahir ialah 16-20 jam, anak di bawah satu tahun sekitar 12-14 jam, dan usia 1-12 tahun sekitar 10-12 jam.

Jika anak mengalami susah atau kurang tidur maka tidak hanya pertumbuhannya saja yang terganggu. Namun, perkembangan serta mood mereka pun juga bisa mengalami gangguan. Hal ini tentu saja harus dihindari.

Adapun tips yang bisa dilakukan orang tua dalam menidurkan anaknya. Salah satunya dengan menetapkan waktu tidur. Misalnya untuk tidur malam ditetapkan pada jam 21.00. Maka perlu dipastikan sebelumnya, apakah anak sudah menyikat gigi, sudah makan malam, mengganti pakaian, bersih, dan sudah siap untuk tidur.

Orang tua juga harus memastikan kondisi tempat tidur sudah bersih, lampu kamar tidak terlalu terang, hingga tidak ada suara-suara berisik yang mungkin dapat mengganggu tidurnya. Itu semua perlu diterapkan agar jadwal tidur anak tidak terganggu.

Hal yang paling penting untuk dipastikan ialah jadwal tidur orang tua yang juga teratur. Jangan sampai menuntut anak, sedangkan ia sendiri tidur larut malam.

Para orang tua memang tak perlu memaksa anak untuk tidur tepat waktu, namun pastikan untuk menghindari penggunaan gadget sebelum tidur atau aktivitas fisik yang terlalu berat, seperti lari-larian dan sebagainya.

Salah satu aktivitas yang bisa diterapkan orang tua ialah membacakan sebuah cerita kepada sang anak. Selain membangun suasana nyaman, membacakan sebuah cerita sebelum tidur juga dapat membangun kedekatan yang lebih intens dengan sang anak.

Hal ini juga berlaku saat memasuki waktu tidur siang. Sebisa mungkin jangan biarkan anak bermain di tempat tidur. Pastikan mereka menjadikan tempat tidur hanya untuk tidur, bukan untuk bermain dan lain sebagainya.

Hal ini dimaksudkan agar ketika mereka berada di tempat tidur, maka ini adalah waktunya untuk tidur. Namun, jika semua cara telah dicoba, sedangkan anak-anak masih merasa kesulitan untuk tidur dalam waktu cukup lama, maka perlu segera konsultasi ke dokter. (fyi/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar