Ragam

Sering Temui ‘Captcha’? , Ternyata Ini Fungsinya

Cloudfare.co.

Surabaya (beritajatim.com) – Kalian mungkin tidak asing dengan Captcha, seringkali saat bertemu tombol ini langsung overthinking. Captcha ternyata punya fungsi tersendiri, tidak hanya sekedar tombol yang sering mempersulit langkah saat berselancar di dunia maya.

Captcha memang terlihat sederhana, tapi suka membuat kita kesal saat harus melakukan, apalagi harus melakukan secara berulang sementara kita tengah kepepet. Harus kalian tahu bahwa Captcha ini punya peran penting untuk keamanan website.

CAPTCHA merupakan kependekan dari (Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart). Sebagaimana dikutip dari learninghub.sap.com. Captcha adalah fitur keamanan yang menggunakan sebuah tes guna membedakan antara robot dan manusia, atau manusia dengan mesin saat hendak melakukan akses ke suatu situs. Lalu apa fungsi dari Captcha ini?

Fungsi dari Captcha yaitu untuk mencegah penyalahgunaan data ketika melakukan pendaftaran di suatu website. Captcha juga berfungsi untuk mencegah pencurian akun pada website atau blog.

Disamping itu Captcha akan mencegah Search Engine Bot, sehingga dapat melindungi dan menyembunyikan alamat email dari scraper. Para spammer tidak akan bisa menyebarkan spam dan mencari alamat email milik kita. Terakhir Captcha akan mencegah komentar spam pada website atau blog. Captcha punya beberapa jenis, mungkin kalian familiar dengan jenis Captcha berikut.

Pertama, Picture recognition Captcha

Captcha jenis ini akan mengharuskan kalian untuk memilih foto yang sesuai dengan deskripsi. Klik next, jika kalian selesai dan klik skip jika kalian merasa tidak ada foto yang sesuai

Kedua, Text Captcha

Text Captcha akan mengharuskan untuk memasukkan angka atau huruf yang ditampilkan. Kadangkala, ada kombinasi huruf dan angka, kalian hanya tinggal mengikuti alurnya sampai berhasil.

Ketiga, I am not a robot Captcha

Saat bertemu Captcha jenis ini, kalian hanya klik sebuah kotak sampai muncul tanda centang (ceklis). Hal ini dilakukan untuk menyatakan jika kalian bukan mesin atau robot.

Keempat, Math Captcha

Math Captcha berisi soal matematika sederhana, seperti penjumlahan dan pengurangan dua angka. Untuk melewatinya kalian tinggal memasukkan hasil perhitungan matematika lalu submit jawaban kalian untuk melewati tes tersebut.

jQuery Slider Captcha

Captcha ini cukup mudah, kalian hanya perlu menggeser kotak kecil dari kiri ke kanan untuk membuka kuncinya

3D Captcha

Berbeda dengan Captcha lainnya, jenis ini merupakan yang paling sulit. Kalian harus mampu memasukkan karakter yang ada di gambar dengan benar. Captcha ini biasanya berada pada Website yang tingkat keamanannya tinggi.

Sudah paham fungsi, cara, berikut macam-macam dari tombol Captcha? Jangan overthinking lagi saat bertemu tombol Captcha. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar