Iklan Banner Sukun
Ragam

Sering Nyeri Perut? Kenali Penyakit Fibroid Rahim

Pixabay.com

Surabaya (beritajatim.com) – Mendengar jika ada sesuatu di dalam rahim anda pasti dimengerti sangat meresahkan. Menurut kantor federal untuk kesehatan wanita (OWH) Yang dimaksud Fibroid rahim ini dinilai bersifat tidak ganas atau jinak, akan tetapi hal itu bisa menjadi masalah yang menyebabkan rasa sakit atau pendarahan menstruasi yang berat.

 

Di Negara Amerika Serikat sebanyak 26 juta orang yang masih di usia subur sudah memiliki fibroid rahim, Hal ini diungkapkan oleh pendapat dari perpustakaan kedokteran nasional Amerika Serikat. Bahkan lebih dari setelah dari orang orang tersebut mengalami gejala.

 

Lalu apa sih sebenarnya fibroid rahim ini? Dan apa yang terjadi ketika anda mengetahui bahwa Anda memilikinya? Simak penjelasan berikut ini

 

Fibroid Rahim adalah tumor non-kanker yang tumbuh di dalam dan di sekitar otot dan jaringan ikat rahim. Namun menurut OWH sel fibroid ini jarang berkembang menjadi kanker dan tidak meningkatkan resiko terkena kanker rahim. Fibroid rahim ini akan berkembang dari jaringan otot polos di dalam rahim. seperti jaringan lainnya, ia mulai mengkloning dirinya sendiri dan tumbuh dengan sendirinya.

 

Salah satu dokter asal Amerika Serikat California mengatakan bahwa Fibroid rahim biasanya dibahas dalam dua konteks yaitu ukuran dan lokasi. semakin besar ukurannya, maka kemungkinan mereka menyebabkan gejala atau memiliki beberapa Fibroid kecil yang menambah ukuran pertumbuhan yang lebih besar juga bisa menjadi masalah.

 

Ukuran fibroid Bisa sekecil biji atau sebesar semangka dengan diameter dari 1 mm hingga 20 cm. Dan pada saat itu bisa menyebabkan penambahan berat badan, pembekakan perut, dan nyeri. Selain itu fibroid yang besar juga bisa menyebabkan kerusakan pada rahim dan organ disekitarnya. Dan diwaspadai bisa mengganggu kehamilan atau kesuburan dan menyebabkan pendarahan yang hebat.

 

Dan menurut OWH melaporkan bahwa Fibroid tumbuh dalam tiga cara yang berbeda. Diantaranya, pertama fibroid yang tumbuh dari dinding rahim ke dalam lapisan atau rongga rahim, kedua fibroid berada dari diri dinding rahim keluar atau di luar rahim. Dan yang ketiga terdapat di dalam dinding rahim.

 

Hingga saat ini tidak ada penyebab yang diketahui bagaimana terbentuknya Fibroid rahim. akan tetapi ada beberapa hal yang meningkatkan peluang dan pertumbuhan. Bisa berawal dari riwayat keluarga, jadi jika ibu Anda memiliki fibroid rahim yang besar, bisa jadi Anda cenderung mengalaminya juga.

 

selain genetika, usia dan ras juga berperan; di mana wanita kulit hitam memiliki resiko yang jauh lebih tinggi terkena Fibroid dan juga wanita yang lebih tua dengan masa reproduksi yang lebih lama. [ptr/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar