Iklan Banner Sukun
Ragam

Sering Mengeluh? Ini Dampak Buruknya Bagi Kesehatan Mental

Ilustrasi mengeluh yang bisa berakibat fatal. (Linkedin, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Mengeluh itu sangat wajar namanya juga manusia, pasti akan ada saatnya capek, dan akhirnya mengeluh. Namun, mengeluh terlalu banyak juga tidak bagus. Terlalu banyak mengeluh bisa membawa dampak negatif, bukan hanya bagi diri sendiri tapi juga untuk orang lain di sekitar. Berikut ini dampak buruk mengeluh bagi kesehatan mental.

1. Memupuk Sikap Pesimis

Jika terlalu banyak mengeluh dapat memupuk sikap pesimis dalam diri. Sikap yang muncul karena Anda kebanyakan mengeluh ini, membuat Anda jadi terlalu fokus ke sisi negatif hidup. Padahal sebenarnya, ada banyak hal positif yang dapat Anda syukuri dalam hidup. Perbanyak bersyukur akan meningkatkan sikap optimis menjalani kehidupan.

2. Stress yang Semakin Menjadi

Mengeluh membuat seseorang fokus pada hal negatif, dan jika terlalu banyak fokus ke arah negatif, yang ada akan semakin stress. Hal itu karena pikiran Anda yang terkontaminasi hal negatif, pikiran Anda juga akan semakin keruh. Pikiran negatif yang menumpuk akhirnya mengakibatkan stress berkepanjangan.

3. Membuat Bad Mood Sepanjang Hari

Semakin sering Anda mengeluh, mood juga akan semakin jelek. Dan, bisa jadi tidak mempengaruhi Anda aja. Hal ini juga akan mempengaruhi mood orang di sekitar kita. Tentu Anda tidak ingin hubungan jadi kurang enak sama orang terdekat hanya karena keluhan yang tidak berkesudahan. Sebaiknya mengeluh seperlunya saja dalam koridor normal.

4. Menguras Energi

Mengeluh itu juga butuh energi. Justru, energi yang harusnya bisa Anda manfaatkan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat, akan terkuras jika Anda terlalu sering mengeluh soal semua hal. Akibatnya, Anda jadi mudah lelah padahal Anda tidak ngapa-ngapain.

5. Pikiran Hanya Terkunci ke Masalah

Dampak negatif terakhir yaitu pikiran kamu akan terkunci pada masalah. Anda jadi tidak mampu memikirkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalahnya. Tentu sayang, waktu Anda terbuang untuk memikirkan banyak hal negatif.

Hindari mengeluh, dan jalani hidup dengan bersyukur sebaik mungkin. Mengeluhlah sewajarnya, tidak perlu berlebihan karena berdampak buruk bagi kesehatan mental. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar