Ragam

Sering Lupa Hal Ini Bisa Jadi Tanda Demensia

(Foto: Campus Production, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Jika anda sering melupakan sesuatu dan merasa masih belum tua, mungkin anda perlu melakukan pemeriksaan lebih dini. Sebab, ada kemunngkinan gejala-gejala kelupaan anda, merupakan gejala demensia; menurunnya daya ingat.

Demensia adalah kondisi kesehatan yang banyak ditakuti dan biasanya diasosiasikan dengan penuaan. Menurut World Health Organization (WHO), kasus demensia diperkirakan akan meningkat sebanyak tiga kali lipat dari jumlah yang ada sekarang pada tahun 2050. Meskipun penyakit ini tergolong progresif dan belum memiliki obat penyembuh, perawatan medis tersedia untuk memperlambat progresi penyakit ini. Kunci utamanya adalah deteksi dini.

“Demensia bukanlah penyakit tunggal melainkan istilah yang dapat menjelaskan perubahan-perubahan yang terjadi pada memori, pemikiran, dan perilaku yang dapat mempengaruhi kemampuan hidup seseorang setiap harinya,” jelas Scott Kaiser, MD, seorang ahli geriatri. “Kondisi kesehatan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam gangguan atau kondisi otak.”

Secara umum, permasalahan memori atau ingatan adalah gejala pertama yang umum dirasakan pasien demensia. Seseorang dengan demensia bisa melupakan peristiwa penting atau yang baru saja terjadi, nama dan tempat, bahkan di mana mereka meletakkan sebuah objek. Selain itu, lupa cara menggunakan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan sesuatu juga bisa menjadi gejala demensia. Pasien dengan demensia akan memiliki kesulitan dalam menyampaikan maksud dalam sebuah pembicaraan. Untuk menghindari kesulitan tersebut, kebanyakan pasien demensia mengisolasi dirinya sendiri dari kehidupan dan interaksi sosial.

Selain itu gejala lain dari demensia di antaranya adalah:

  • Salah menempatkan barang dan kesulitan untuk menemukannya
  • Masalah visual dan spasial (tersesat saat berkendara)
  • Kesulitan dalam menyelesaikan masalah, organisir,dan merencanakan sesuatu
  • Sering bingung dan linglung
  • Masalah koordinasi (kesulitan berjalan)
  • Memiliki orientasi tempat dan waktu yang buruk
  • Perubahan terhadap sikap yang tidak bisa dijelaskan, seperti depresi, kecemasan berlebih, dan perubahan mood

Sangat penting bagi orang-orang yang memiliki gejala demensia untuk melakukan evaluasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang dideritanya dan bagaimana cara menanganinya. Ada kondisi kesehatan dan faktor lain yang juga bisa menyebabkan kehilangan memori seperti insomnia, stres, kecemasan berlebih, dan depresi.

Satu-satunya cara untuk mengetahui permasalahan atau kondisi yang dihadapi secara mendetail adalah dengan pemeriksaan secara menyeluruh. (dwp/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar