Iklan Banner Sukun
Ragam

Sering Emosi, Coba Lakukan Ini Untuk Mengendalikannya

(Foto: David Garrison, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Emosi atau amarah adalah suatu perasaan yang wajar bahkan sering dialami setiap orang. Bedanya, kadar kemarahan seseorang itu berbeda-beda, mulai dari sekadar jengkel sampai ledakan emosi. Selain itu, kemarahan adalah sebuah respon terhadap situasi atau pemicu tertentu.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kemarahan pada diri seseorang seperti ketidakadilan, stres, masalah finansial, masalah keluarga, pengalaman traumatik, atau merasa diabaikan. Namun, jika dikenali dengan alasan psikologis biasanya pemicu kemarahan adalah kelaparan, ketakutan, kesakitan dan rasa panik berlebihan yang dapat memicu amarah.

Faktor lain yang sering menjadi penyebab kemarahan adalah gangguan kejiwaan, seperti borderline personality disorder, intermittent explosive disorder, hingga bipolar disorder. Ada penyebab lain seperti ketidakseimbangan hormon. Maka dari itu, penyaluran amarah perlu cara yang sehat untuk perlu dipelajari.

Ketika amarah tidak dapat dikendalikan dan dikelola dengan baik, tentu saja itu akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Dampak lainnya, kemarahan yang kurang wajar akan berpengaruh pada hubungan sosial dengan orang lain, kemudian muncul pikiran negatif yang berkepanjangan sehingga membuat kita tidak sabaran. Berikut ini beberapa tips mudah untuk bisa mengendalikan emosi:

Melampiaskan Emosi Dengan Cara Yang Berbeda

Faktanya, seseorang mudah terbawa suasana ketika sedang marah bahkan melampiaskan kemarahan dengan cara-cara dramatis. Maka dari itu , penting untuk fokus kepada cara berekspresi yang rasional sehingga kita lebih mudah menemukan solusi.

Relaksasi Diri

Kita bisa melakukan ini dengan mudah, caranya adalah menarik dan menghembuskan nafas panjang. Selain itu, kita dapat berolahraga yoga dan meyakinkan diri untuk lebih tenang dengan menentukan kegiatan yang tepat. Meditasi kemungkinan bisa jadi alternatif lain untuk merelaksasikan diri

Pembuatan Rencana Solutif Untuk Masalah

Percayalah setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, maka dari itu kita mulai dengan menyusun terlebih dahulu, Menyelesaikan masalah dapat dilakukan dengan membuat rencana dan menemukan cara dalam mengatasinya.

Maka dari itu, jangan lupa untuk mengamati kemajuan sehingga kita tidak mudah menyerah dalam mengatasi masalah Saatnya untuk melakukan yang terbaik dengan sesuatu yang kita bisa. [prd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar