Iklan Banner Sukun
Ragam

Sering Dianggap Berbahaya, Ini Manfaat Meminum Air Putih Dingin

(Foto: Lanju Fotografie, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) РMencari air es atau air dingin adalah hal yang sering kita lakukan terutama, ketika cuaca sedang panas-panasnya. Atau ketika kita baru saja datang dari bepergian dan lelah bekerja. Air es yang dingin, memberikan sensasi menyegarkan dan terasa lebih nyaman daripada air putih biasa atau malah air hangat.

Namun, seringkali kita diperingatkan untuk tidak meminum minuman dingin ketika sedang terik atau usai berolahraga. Air dingin juga dinilai menjadi penyebab anak-anak terkena demam atau pilek dan batuk. Padahal, meminum air dingin bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Termasuk membantu meredakan radang tenggorokan.

Air dingin, sebagaimana air dalam suhu runag yang biasa kita minum, tetap memiliki manfaat dan fungsi yang sama. Ketika dikonsumsi, ia memberi manfaat membantu menjaga serta memelihara fungsi ginjal, berperan untuk membantu tubuh mengeluarkan racun di dalam. Air juga berfungsi memberikan nutrisi pada kulit dari dalam, menjaga untuk mencegah terjadinya sembelit, mampu meningkatkan energi tubuh, sekaligus membantu berat badan tetap stabil.

Berikut ini beberapa manfaat meminum air dingin.

Membantu dalam Melawan Heat Stroke

Mungkin tidak banyak mengetahui istilah ini Heat stroke. Ini adalah kondisi saat tubuh mengalami peningkatan suhu secara drastis hingga mencapai suhu 40 derajat Celcius atau lebih. Seringkali, Kondisi ini terjadi saat seseorang menerima paparan suhu panas dari lingkungan pada luar batas toleransi tubuh. Maka mengatasinya, kita bisa mencoba untuk mengonsumsi air dingin.

Hidrasi Tubuh setelah Berolahraga

Ketika berolahraga, tentu saja suhu tubuh akan meningkat. Disinilah kita bisa merasakan manfaat air dingin dalam menurunkan suhu tubuh pasca olahraga. Selain menyegarkan, air dingin cocok diminum setelah berolahraga untuk mencegah dehidrasi sehingga mampu membantu tubuh dalam membakar kalori lebih baik.

Menurunkan Demam Tubuh

Manfaat lain dari air dingin adalah menurunkan demam tubuh. Ketika mengalami demam, kita bisa mengonsumsi air dingin untuk menurunkan suhu tubuh. Selain itu, kita perlu menjaga asupan cairan dalam tubuh, karena saat demam tubuh akan bekerja keras dalam melawan penyebab dari demam itu sendiri. [prd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar