Iklan Banner Sukun
Ragam

Sering Buang Air Kecil, Waspadai Kemungkinan Ini

Faktor kesehatan bisa berpengaruh pada banyak hal. Semisal, seberapa sering kita buang air kecil (foto : Tim Mossholder, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Menahan kencing terlalu lama tidaklah baik untuk kesehatan kita. Sangat penting bagi kita untuk memperhatikan berapa kali kita kencing dalam sehari.

Frekuensi kencing yang kita lakukan dapat menjadi indikasi kondisi kesehatan kita. Orang yang sehat bisa kencing 4-10 kali dalam sehari. Dalam 24 jam, frekuensi normal kencing adalah 6-8 kali sehari.

Sementara itu, volume urin normal adalah 400-2000 ml dengan 2 liter konsumsi air dalam sehari. Akan tetapi, masing-masing orang memiliki frekuensi urinnya sendiri-sendiri. Berapa kali kita kencing dalam sehari dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah usia, konsumsi air dalam sehari, apa yang kita minum, kondisi medis, seperti diabetes dan infeksi saluran urin, konsumsi obat-obatan, atau ukuran kandung kemih.

Dalam masa hamil, seorang wanita bisa lebih sering kencing dari biasanya karena adanya perubahan cairan yang disertai dengan tekanan pada kandung kemih oleh janin yang bertumbuh. Setelah melahirkanpun, frekuensi kencing seorang wanita juga masih bisa meningkat hingga 8 minggu pasca melahirkan.

Jika kita kencing lebih dari 6-8 kali dalam sehari, kita harus berhati-hati. Salah satu alasan hal tersebut dapat terjadi adalah adanya kondisi kesehatan yang kita miliki yang mempengaruhi frekuensi kencing kita dalam sehari. Berikut ini adalah kondisi kesehatan yang mempengaruhi frekuensi kencing kita dalam sehari:

Diabetes
Jika kita memiliki diabetes atau diabetes yang belum terdiagnosis, kelebihan gula dalam darah kita dapat menyebabkan kita untuk kencing lebih sering dari biasanya.

Hypo atau Hyperkalemia
Jika kadar kalsium dalam tubuh kita tidak seimbang, entah itu terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, akan mempengaruhi aliran kencing dalam tubuh kita.

Sickle Cell Anemia
Kondisi ini mempengaruhi fungsi ginjal dan konsentrasi urin. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan frekuensi kencing pada penderitanya.

Infeksi Saluran kencing
Kondisi ini sering terjadi pada wanita. Infeksi yang terjadi pada saluran kencing menyebabkan penderitanya mengalami peningkatan frekuensi kencing dibanding biasanya.

Jika kita merasa kita kencing terlalu sering dalam sehari sampai hal tersebut mengganggu aktivitas kita, ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter. Kondisi medis yang membuat frekuensi kencing kita meningkat sebaiknya ditangani lebih awal untuk menghindari komplikasi atau infeksi yang menyebar ke bagian tubuh lain. [dwp/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar