Iklan Banner Sukun
Ragam

Sering Alami Gangguan Istirahat? Berikut Cara Tidur Nyenyak Tanpa Konsumsi Obat

Peregangan tubuh sebelum tidur, salah satu cara agar tidur nyenyak tanpa perlu konsumsi obat tidur. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Kamu sering alami gangguan tidur? Misalnya tidur tak pernah nyenyak atau bahkan bangun tidur justru kerap merasa lelah dan capek? Hal tersebut tentu sangat menganggu, terlebih tak ada semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, tidur dengan kualitas yang buruk juga dapat memicu timbulnya beragam penyakit, seperti sakit kepala dan lain sebagainya.

Tak ayal jika banyak orang yang kemudian mencari cara untuk mengatasinya, salah satunya mungkin dengan mengonsumsi obat tidur. Padahal cara ini juga tidak baik dilakukan, terlebih jika terlalu sering. Adapun berikut ini cara agar tidur nyenyak dan bangun segar tanpa konsumsi obat, di antaranya;

Tidur dalam kondisi gelap


Tidur dalam kondisi ruangan yang gelap dapat membantu meningkatkan melatonin. Di mana secara tidak langsung, kondisi tidur dalam kondisi gelap ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan tidur dengan kondisi terang atau lampu menyala.

Baca buku

Dibandingkan dengan menonton drama atau film melalui gadget, membaca buku lebih direkomendasikan secara medis. Hal ini karena membaca buku dapat memberikan efek jauh berbeda. Salah satunya tidak mengganggu sinyal atau frekuensi tidur. Bahkan hal ini sudah dijelaskan dalam sebuah penelitian.

Rutin berjalan kaki

Rutinitas berjalan kaki selama 45-60 menit setiap hari juga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Aktivitas ini akan lebih baik jika dilakukan pada pagi hari, tetapi juga boleh diaplikasikan pada sore hari. Asalkan tidak berdekatan dengan waktu sebelum tidur. Hal ini tidak lepas dari meningkatnya sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh.

Peregangan sebelum tidur

Peregangan sebelum tidur juga sangat penting untuk seseorang, terlebih setalah melakukan aktivitas seharian di depan layar komputer atau gadget. Dengan peregangan tersebut, otot-otot dalam tubuh jadi bisa lebih rileks sehingga memungkinkan untuk tidur lebih pulas.

Atur pernapasan

Disadari atau tidak, orang-orang dengan gangguan tidur biasanya pernapasannya tidak teratur. Maka sebaiknya perlu untuk mengatur pernapasan, disarankan agar napas yang keluar justru sedikit lebih lama dibandingkan saat mengambil napas. Misalnya tarik napas 4 detik, maka keluarkan dalam 5-7 detik.

Konsumsi buah dan sayur

Konsumsi buah dan sayur hijau juga sangat disarankan untuk mereka yang alami gangguan tidur. Terlebih yang kaya akan kalsium dan magnesium. Kedua kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar