Iklan Banner Sukun
Ragam

Sepatu Suede Terkena Noda? 5 Tips Ini Bisa Kembalikan Warna Kinclong

(Foto: Josh Sorensen, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Permukaan kain yang lembut, membuat sepatu dengan bahan suede banyak diminati oleh pecinta fashion. Berbeda dengan bahan-bahan kulit lain, suede memiliki tekstur yang lebih lembut seperti beludru. Tekstur ini adalah hasil dari proses napped finishing sehingga memberi sensasi halus berbulu.

Namun, musuh utama dari bahan ini adalah air dan debu yang tentu saja sering kita jumpai. Meski terlihat sedikit rumit untuk merawatnya, berikut ini ada beberapa cara agar sepatu suede kalian tetap awet.

1. Bedak tabur

Karena tak boleh kena air, salah satu cara mudah membersihkan suede yang kotor adalah dengan menggunakan bedak tabur. Caranya dengan menepuk-nepuk permukaan yang kotor dengan kain atau handuk, lalu oleskan sedikit bedak tabur di atasnya. Diamkan selama semalaman, lalu besoknya kalian bisa menghapus beberapa bedak yang tersisa menggunakan sikat khusus suede. Voila! Sepatu suede kalian akan kembali kinclong.

2. Cuka putih

Untuk noda yang ringan, seperti tetesan kopi atau soda, cukup bersihkan dengan tisu atau kain bertekstur yang sudah diberi cuka putih sebelumnya. Bisa juga menggunakan handuk apabila nodanya sedikit berat, usap beberapa kali hingga memudar.

3. Sikat gigi

Saat bahan suede pada sepatu sudah telihat berantakan dan tidak bertekstur, kalian bisa mengakalinya dengan menggosok menggunakan sikat gigi bersih atau handuk berbahan terry cloth. Bulu sikat gigi kecil dirasa bisa menggapai kotoran yang terselip di sela-sela.

4. Cairan khusus

Perlu diberikan cairan khusus agar sepatu berbahan suede akan awet dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Cairan khusus ini bisa disemprotkan pada permukaan bahan, yang berfungsi untuk melindungi sepatu dari noda yang menempel. Spray pelindung ini bisa kalian dapatkan di toko reparasi sepatu.

5. Hair dryer

Sepatu berbahan suede, apabila terkina air, secepat mungkin harus segera dikeringkan. Apabila dibiarkan terlalu lama, maka bisa merusak bahan suede sendiri dan meninggalkan bekas yang merusak penampilan. Daripada menjemur di bawah matahari, lebih menggunakan kipas atau hair dryer.

Untuk memiliki penampilan yang fashionable, maka dibutuhkan sedikit ekstra untuk merawat item fashion itu sendiri. Ini agar barang-barang kita terjaga keawetannya dan bisa digunakan dalam jangka waktu panjang, bahkan hinga turun-temurun ke generasi selanjutnya. (mnd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar