Iklan Banner Sukun
Ragam

Seorang Melankolis Tak Hanya Bisa Galau, Simak Kepribadian Baik yang Dimiliki

(Sumber foto: Kinga Cichewicz, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Tipe kepribadian seseorang ditinjau dari ilmu psikologi terbagi jadi empat macam. Sanguin, koleris, melankolis, dan plegmatis.

Pastinya setiap kepribadian memiliki karakteristik masing-masing. Antara satu kepribadian dan kepribadian lain punya ciri khas tersendiri.

Salah satu tipe kepribadian yang cukup populer yaitu melankolis. Melankolis dikenal sebagai kepribadian yang kreatif. Namun, seseorang yang melankolis biasanya suka murung dan mudah tersinggung.

Para melankolis dianggap mudah merasa galau, padahal tidak selalu demikian. Seorang melankolis memiliki ciri lain yang jarang diketahui.

Berikut ini ciri dari kepribadian melankolis menurut ilmu psikologi.

Serius

Seorang melankolis terkenal dengan sifat yang serius saat berhadapan dengan suatu hal nih,. Seorang melankolis akan melakukan suatu hal dengan sangat bersungguh-sungguh. Sehingga tak mengherankan jika mereka selalu berusaha memberi yang terbaik.

Perfeksionis

Dari sifat serius yang dimiliki, seorang melankolis pun jadi orang yang perfeksionis. Sifat detail dalam menyikapi sesuatu biasanya melekat banget pada seorang melankolis.

Rela Berkorban

Seorang melankolis bukan tipe yang perhitungan saat melakukan suatu kebaikan. Dia begitu tulus, apalagi terhadap orang yang dicintainya. Bisa dibilang seorang melankolis ini tidak egois, bahkan lebih mementingkan orang lain.

Setia

Dari sikap setia, seorang melankolis juga bisa jadi pendengar yang baik. Mereka tidak gampang meninggalkan teman atau pasangan yang lagi kesusahan. Jika bertemu seorang melankolis tentu bisa jadi teman baik dalam hidup.

Kreatif

Tingkat kreatif seorang melankolis bisa dikatakan lebih tinggi dibanding tipe kepribadian lain. Tidak mengherankan jika seorang melankolis ini mudah memperoleh ide-ide yang out of the box. Oleh sebab itu, mereka cocok untuk berkecimpung di industri kreatif.

Namun dari semua ciri positif itu, setiap kepribadian tentu punya sisi negatif. Seorang melankolis ini cukup buruk dari sisi pertemanan.

Mereka biasanya pilih-pilih teman yang sekiranya satu frekuensi. Mereka cenderung punya sisi introvert, namun bukan berarti mereka tidak bisa berteman.

Selain itu seorang melankolis biasanya mudah merasa bersalah dan terbawa perasaan. Dia bakal ingat terus pada orang yang pernah melukai perasaannya. Jadi, jika Anda memiliki teman seorang melankolis, pastikan harus jaga ucapan dengan baik. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar