Iklan Banner Sukun
Ragam

Sensitif Bukan Tanda Kelemahan! Ini Cara Untuk Kontrol Diri

Ilustrasi yang yang terlihat sangat sensitif dan bagaimana mengontrol dirinya. (Wonderlane, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Setiap manusia itu unik dengan kepribadian sendiri-sendiri, termasuk salah satunya manusia yang sensitif. Tidak ada yang salah jika Anda memiliki kepribadian yang lebih sensitif ketimbang orang lain.

Anda hanya cuma perlu tahu cara mengontrolnya saja. Ada beberapa hal yang perlu Anda pahami terkait sensitif yang terjadi dalam diri. Sehingga sensitif bukan merupakan pertanda kelemahan belaka.

1. Anda memiliki perasaan yang campur aduk

Terkadang Anda merasa senang, sedih, gelisah, dan marah dalam satu waktu. Atau, Anda bingung sendiri dengan apa yang dirasakan karena bercampur-aduk. Perasaan yang naik turun seperti ini bahkan dapat intens sepanjang waktu.

Cara kontrol diri: Coba cek apakah kamu sudah cukup tidur, atau sudahkan sarapan. Sebab, kurang tidur dan kekurangan gula dapat mempengaruhi tingkat stres dan produktivitas.

2. Mudah terganggu atau kaget pada suara

Anda mungkin sangat terganggu dengan suara yang ramai. Di samping itu mungkin juga gampang terkejut dengan suara yang keras dan tiba-tiba. Sehingga susah konsentrasi ketika mengerjakan tugas dan yang lain.

Cara kontrol diri: Dengan memakai earphone peredam bising bisa jadi jalan untuk menemukan kedamaian pribadi. Jika kamu tinggal bersama orang lain, ciptakan satu tempat yang tenang dan aman untuk beristirahat.

3. Mudah menangis

Iklan, hewan lucu, dan film berpotensi membuat Anda menangis. Orang yang sensitif cenderung lebih menangis daripada orang kebanyakan.

Anda pun tidak bisa menyembunyikan apa yang mereka rasakan, selalu terdorong untuk mengungkapkan apa yang dirasa. Cara kontrol diri: Coba ijinkan diri sendiri untuk mengungkapkan perasaan dengan menangis.

4. Mudah tersentuh dengan hal yang indah

Karya seni, aroma wangi, makanan enak, hingga sebuah melodi dapat berdampak besar bagi Anda. Anda memiliki keinginan kuat untuk menciptakan sesuatu.

Cara kontrol diri: Coba beri diri ruang kreatif. Misalnya dengan, menulis puisi, menemukan resep baru, bermain musik, dan lain lain.

5. Menganggap kritik seperti belati

Kata-kata sangat penting bagi diri Anda. Kata-kata positif bisa membuat Anda melambung, sementara kata-kata kasar bisa bikin jatuh hingga ke dalam jurang.

Cara kontrol diri: Periksa kembali batasan yang ada. Terlalu memikirkan kata-kata orang lain akan membuat Anda meragukan atau bahkan menyalahkan diri sendiri.

Sensitif bukanlah kelemahan yang harus dinafikan, justru dengan sensitif Anda bisa lebih peka dengan kondisi sekitar. Cobalah kontrol diri dengan beberapa hal itu jika Anda mengalaminya. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar