Ragam

Senang Thrifting? Ini Tips Berbelanja Baju Bekas dengan Tepat dan Aman

(Foto: Burst, pexels)

Surabaya (beritajatiim.com) – Bisa kita lihat, tren berbelanja baju bekas kian meninggi. Masyarakat dirasa lebih antusias untuk memilih barang-barang second daripada barang baru. Selain harganya yang terjangkau, pakaian bekas ini rata-rata memiliki model yang unik dan jarang ada yang memakainya. Hal ini membuat seseorang akan terlihat fashionable dengan gaya yang tidak mainstream.

Industri trifthing -nama kerennya-, sudah menjamur di mana-mana. Bahkan merambah ke bisnis online shop. Berbelanja baju bekas di online shop atau e-commerce memang lebih menjajikan, dengan baju yang sudah disortir dan dipastikan layak pakai, wangi laundry dan kebersihan pun sudah bisa dipastikan. Sehingga pembeli bisa langsung mengenakannya.

Namun yang membedakannya adalah, harga di online shop akan lebih mahal ketimbang membeli langsung ke pasarnya. Memilih barang sendiri juga bisa menjadi kepuasan tersendiri. Oleh karena itu, berikut tips bagi kalian yang ingin berbelanja baju bekas di pasarnya langsung.

1. Sesuaikan pakaian

Saat thrifting di pasar, seperti Pasar Senen Jakarta, atau Pasa Pagi Tugu Pahlawan Surabaya, pastikan untuk menggunakan pakaian yang super simple. Hindari pakaian yang terlalu berlebihan, karena saat berada di sana, kalian akan sibuk membongkar tumpukan baju, ditambah berdesakan, dan berpanas-panasan. Gunakan kaos dengan bahan yang dingin.

2. List keperluan dan tentukan budget

Siapkan budget khusus sebelum pergi berbelanja, dan tentukan model apa yang ingin kalian beli. Sesampai ya di sana pun, prioritaskan barang yang sedang kalian cari. Jika tidak, dikhawatirkan kalian akan lapar mata dan membeli semua barang yang kalian suka.

3. Teliti

Ini menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Teliti kembali pakaian sebelum kalian membelinya, pastikan tidak ada noda atau lubang yang menganga. Meski bekas, carilah pakaian yang berkualitas dan masih layak.

4. Jangan tertipu brand

Hati-hati pula dengan pakaian yang memiliki brand. Harganya memang akan sangat miring, namun pastikan bahwa pakaian tersebut bukanlah barang palsu atau KW. Bagi kalian penggemar barang branded, sudah pasti kalian bisa mengetahui mana yang asli dan mana yang palsu.

5. Tawar menawar

Kegiatan tawar menawar merupakan hal yang lumrah dilakukan saat belanja di pasar. Jika merasa kurang cocok dengan harganya, bisa lakukan penawaran kepada penjual. Namun ingat, tetap gunakan bahasa yang sopan, dan tawar dengan harga yang masuk akal. Menawar diatas 50% dari harga bisa membuat penjual tersinggung.

6. Cuci bersih

Bagian yang satu ini, wajib sekali hukumnya, tidak boleh ketinggalan. Kita tidak tau pakaian yang kita beli sudah dipakai oleh siapa saja dan berapa orang, jangan-jangan ada sisa penyakit kulit dalam pakaian tersebut? Oleh karena itu, cuci bersih pakaian dan usahakan untuk merendamnya terlebih dahulu menggunakan air hangat. Ini diharapkan agar air hangat dapat melarutkan kuman-kuman yang tertinggal. Barulah cuci dengan detergen hingga bersih tak bernoda.

Thrifting akan menjadi kegiatan hunting yang menyenangkan saat ketika melakukannya dengan tepat. Siapa yang tidak suka berbelanja dan berburu baju murah? (mnd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar