Ragam

Tak Hanya Semakin Cepat dan Canggih, Ini Fakta Seputar Jaringan 5G

Ilustrasi sederet fakta tentang jaringan 5G terbaru. (Sumber foto: Frederik Lipfert, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Jaringan 5G merupakan jaringan baru di Indonesia. Pemerintah sudah mengklaim jaringan ini menghadirkan kecepatan data yang fantastis dengan latensi rendah.

Meski 4G saja sebenarnya sudah cukup cepat kencang, apalagi 5G tentu dapat dibayangkan. Berikut ini fakta seputar jaringan 5G yang jarang diketahui.

Latensi Rendah

Jaringan 5G dapat memberikan latensi yang jauh lebih rendah sehingga kecepatan data tetap tinggi secara konsisten. Bahkan hal ini juga terjadi saat pengguna berpindah-pindah.

Kecepatan yang fantastis

Jaringan 5G dirancang untuk memberikan kecepatan data tercepat hingga menyentuh 20 Gbps. Selain kecepatan data puncak yang lebih tinggi, 5G juga dirancang untuk menyediakan lebih banyak kapasitas jaringan dengan memperluas ke spektrum baru, seperti mm Wave.

Dengan kemampuan ini tentu tidak perlu khawatir lagi saat menonton layanan streaming atau bermain game daring, akan semakin lancar tanpa kendala jaringan ngadat.

Sudah Tersedia di Banyak Negara

Operator global mulai meluncurkan jaringan 5G di awal tahun 2019. Selain itu, semua produsen ponsel besar juga telah menjual ponsel dengan jaringan 5G.

Berdasarkan data, 5G telah digunakan di lebih dari 60 negara dan angka ini kemungkinan besar akan terus bertambah. Peluncuran dan adopsi 5G dinilai jauh lebih cepat dibandingkan dengan 4G kala itu.

Bisa berfungsi di Ponsel 4G LTE

Bagi pengguna dapat mengakses jaringan 5G di smartphone yang telah menggunakan teknologi 4G/LTE (Long-Term Evolution).

Namun, beberapa produsen ponsel canggih juga sudah merilis varian khusus 5G untuk memanfaatkan teknologi itu secara maksimal.

Teknologi Aman

5G merupakan teknologi yang aman bagi manusia, hewan, juga untuk tumbuhan. 5G sendiri dirancang untuk menggunakan lebih sedikit daya ketimbang dengan generasi sebelumnya sehingga daya yang dihantarkan juga akan lebih rendah.

5G tidak selalu bikin boros data

Teknologi jaringan 5G menghadirkan pengalaman yang lebih tinggi ketimbang jaringan generasi sebelumnya. Hal ini karena 5G menyuguhkan koneksi data yang cepat.

Semakin cepat koneksi data, akumulasi data yang dikonsumsi bisa lebih besar. Namun, untuk urusan boros atau tidak dalam penggunaan data ini bergantung pada orang yang menggunakan.

Sudah siap menggunakan jaringan 5G? Mungkin Anda akan merasakan pengalaman internet yang super cepat. (dan/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar