Iklan Banner Sukun
Ragam

Selagi Masih Muda! 7 Hal Penting yang Harus Dilakukan Agar Karir Cemerlang

Ilustrasi kesuksesan yang dicapai seseorang. (Hunters Race, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Bagi Anda yang masih berusia muda, ada banyak hal yang harus dilakukan demi karier di masa depan. Bukan hanya agar Anda memiliki lebih banyak pengalaman, namun juga demi melengkapi diri dengan skill yang dibutuhkan untuk perkembangan karier.

Memiliki banyak skill akan membuat Anda lebih mudah mendapat karir cemerlang. Berikut ini 7 hal yang harus dilakukan demi karir yang cemerlang.

1. Belajar bahasa asing

Penguasaan terhadap bahasa asing akan memberi Anda lebih banyak kesempatan dalam karier. Belajar bahasa asing juga akan meningkatkan kinerja memori, menambah daya fokus, serta membuat Anda untuk lebih mudah dalam mengambil keputusan

2. Mempelajari skill baru

Punya skill baru bisa membantu Anda untuk tetap up-to-date dan membuat Anda jadi pelamar kerja yang lebih kompetitif. Oleh sebab itu, Anda bisa mengikuti webinar atau workshop yang banyak tersedia untuk mempelajari keahlian baru.

3. Travelling

Meski sibuk membangun karir, jangan sampai lupa melakukan travelling, sebab akan memberi Anda kesempatan untuk bertemu orang baru dan mempelajari budaya baru.

Anda akan mendapat perspektif baru yang akan membuat Anda jadi lebih fleksibel dan memahami orang lain yang dapat diterapkan saat berada pada dunia kerja.

4. Siap mengambil kesempatan yang ada

Ada banyak kesempatan yang hadir untuk Anda yang mungkin tidak datang dua kali. Jika Anda tidak melihat adanya kesempatan, Anda bisa ciptakan kesempatan itu dengan cara sendiri.

5. Lakukan hal baru

Mumpung Anda masih muda, cobalah berbagai hal di luar zona nyaman Anda. Melakukan sesuatu yang benar-benar baru akan membuat Anda punya bekal pemikiran yang lebih terbuka dan memberi Anda peluang karir yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikir dan diduga.

6. Bangun reputasi

Reputasi merupakan poin penting dalam dunia karier yang bisa mengembangkan karier Anda lebih jauh. Cobalah untuk menjadi versi yang terbaik dari dirimu agar lebih punya percaya diri saat berada pada dunia kerja.

7. Menjalin relasi

Membangun relasi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang dapat membantu Anda mengembangkan karier di masa depan. Anda dapat belajar saat bertemu orang dari latar belakang karir, pendidikan, ataupun usia yang berbeda.

Jangan sia-siakan usia selagi masih muda, cobalah banyak hal dengan berbagai pengalaman yang bakal Anda jalani. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar