Iklan Banner Sukun
Ragam

Sejarah Panjang Perkembangan Make Up: Mulai dari Bedak Hingga Lipstick

anderson guerra pexels-photo

Surabaya (beritajatim.com) – Pernahkan Anda berfikir dari mana asalnya berbagai macam kosmetik? Bagaimana sejarah awal mula terbentuknya hingga dapat berkembang sampai dengan yang sekarang ini?

Tren kecantikan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Dulunya beberapa orang hanya mengenal satu macam bedak saja, namun sekarang berbagai merk dan jenis sudah banyak yang beredar di pasaran. Berikut ini ulasan menarik mengenai sejarah make up:

Sejara awal mula adanya kosmetik
Melansir dari Wikipedia, Rabu (18/8/2021) sejarah asal mula kosmetik sebenarnya dimulai jauh semenjak jaman mesir kuno, yakni sekitar 5000 SM. Peradaban sekitar lembah sungai nil ini menjadi cikal bakal awal mula ritual pembalseman mayat atau pengawetan mayat menggunakan rempah-rempah kuno yang masih belum diketahui asalnya.

Krim wajah
Melansir dari Newbeauty, penelitian yang dilakukan oleh pakar ras Richard Dyer, perempuan Yunani Kuno sudah mencoba usaha untuk memutihkan kulit. Saat itu, mereka menggunakan timah putih dan ceruse (campuran timah putih dan cuka) untuk memutihkan kulit. Sedangkan di Inggris pada era Ratu Elizabeth (abad ke-16 hingga ke-17), selain ceruse para perempuan juga menggunakan air raksa, perasan jeruk, putih telur, susu, dan cuka.

Bedak
Melansir dari salah satu sumber, sebelum masa Cleopatra bedak dipakai untuk ritual menjauhkan diri dari roh-roh jahat atau pengaruh buruk. Seperti sesuatu hal yang biasanya terbuat dari tanah liat dan kapur. Lalu pada masa Cleopatra bedak sudah merujuk pada kecantikan. Dia menggunakan bedak yang terbuat dari kotoran buaya yang dikeringkan.

Perona mata
Lawrence Charles Parish dalam bukunya berjudul Cosmetic: A Historical Review, menyebutkan bahwa lukisan-lukisan Mesir Kuno menunjukkan bahwa orang Mesir, baik lelaki maupun perempuan, biasa merias mata dengan warna hitam di bagian atas kelopak mata dan hijau di bagian bawah. Beberapa juga memilih warna abu-abu atau biru untuk mewarnai kelopak mata di bawah alis. “Warna hitam dan hijau kebiruan berasal dari batu yang ditumbuk hingga halus. Sementara warna abu-abu dan hijau perunggu diperoleh dari biji tembaga,” tulisnya.

Lipstick
Lipstick kali pertama digunakan oleh Ratu Shub-Ad atau dikenal dengan nama Pu-Abi dari Ur, kota kuno di Sumeria, Mesopotamia selatan. Ia hidup sekitar tahun 2.600-2.500 SM. Ratu Sumeria ini gemar mewarnai bibirnya dengan tumbukan halus timah putih dan batuan merah. [rsf/bj0]


Apa Reaksi Anda?

Komentar