Iklan Banner Sukun
Ragam

Sejarah Pandemi yang Pernah Terjadi di Dunia

(foto : Manuel, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Pandemi covid-19 bukan satu-satunya dan yang pertama terjadi di dunia. Jauh sebelum pandemi covid-19, dunia pernah terdampak beberapa virus yang awalnya bersifat epidemi hingga menjadi pandemi. Seperti dikutip dari Public Health Columbia . Berikut merupakan jejak riwayat pandemi yang pernah terjadi di masa lalu sekaligus juga membentuk evolusi kekebalan manusia.

The Black Death (1346 – 1353): The Black Death atau dalam bahasa Indonesia bisa kita sebut dengan Maut Hitam, ialah pandemi hebat yang pertama kali melanda Eropa. Pandemi ini terjadi sekitar pertengahan hingga akhir abad ke-14. Wabah black death telah menewaskan sepertiga hingga dua pertiga populasi di Eropa kala itu.

Diperkirakan kematian akibat pandemi ini mencapai 25 juta orang di seluruh dunia pada. Menurut para ilmuwan, black death ini disebabkan oleh bakteri yang disebut Yersinia pestis.

Wabah Amerika (Abad ke-16): Wabah Amerika adalah penyakit Eurasia yang dibawa ke Amerika oleh penjelajah Eropa. Wabah Amerika tercatat sejarah sebagai salah satu penyebab keruntuhan peradaban Inca dan Aztec. Diperkirakan 90% penduduk asli di belahan bumi bagian barat tewas akibat wabah ini. Penyakit utama dari wabah Amerika adalah cacar.

Flu Spanyol (1918 – 1920): Wabah penyakit flu Spanyol yang terjadi pada awal abad-19 ini merupakan salah satu pandemi terbesar yang pernah terjadi. Flu Spanyol disebabkan oleh penyakit influenza. Tercatat sejarah, pandemi virus ini dimulai pada tahun 1918, usai Perang Dunia pertama terjadi. Durasi pandemi yang berlangsung selama dua tahun, diperkirakan telah menewaskan lebih dari 50 juta jiwa.

Flu Asia (1957 – 1958): Pandemi Flu Asia, yang merupakan campuran dari virus flu burung. Awal penyebaran virus ini terjadi di Cina dan merenggut 1 juta jiwa. Pandemi Flus Asia menyebar dengan cepat, tercatat kala itu ada tiga negara yang terkena penyebaran secara langsung. Singapura pada Februari 1957, Hong Kong pada April 1957, dan beberapa kota di pesisir Amerika Serikat pada musim panas 1957. Ditaksir oleh pakar kesehatan, jumlah korban tewas lebih dari 1,1 juta di seluruh dunia, dengan 116.000 kematian yang terjadi di Amerika Serikat.

Pandemi dan Epidemi AIDS (1981 – Sekarang): Para ilmuwan bersepakat jika Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang menyebabkan AIDS. Virus ini, kemungkinan besar berevolusi dari virus yang ditemukan pada simpanse yang dipindahkan ke manusia di Afrika Barat pada tahun 1920-an.

Sejak pertama kali diidentifikasi, AIDS telah merenggut sekitar 35 juta jiwa. Di akhir abad ke-20, virus HIV telah menyebar ke seluruh dunia. Selama beberapa dekade, penyakit ini masih tidak memiliki obat, tetapi pengobatan yang dikembangkan pada 1990-an sekarang memungkinkan orang dengan penyakit ini untuk mengalami rentang hidup normal dengan perawatan teratur.

Itulah beberapa pandemi yang terekam dan tercatat sejarah. Tetap waspada, jaga kesehatan, serta terus berpikir positif untuk bersama-sama keluar dari kondisi pandemi covid-19. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar