Iklan Banner Sukun
Ragam

Sejarah di Balik Es Lolipop dan Resep Mudah Membuatnya, Ternyata Berawal dari Kesalahan

Sumber foto: Anton Uniqueton/pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Salah satu hidangan yang segar, manis, dan meleleh dalam mulut adalah es krim dengan stik atau biasa juga disebut sebagai es lollipop. Rasanya yang enak membuat makanan ini sangat cocok disantap sebagai camilan, terutama di siang hari ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Tak banyak yang mengetahui bahwa kemunculan es lolipop ini ternyata berawal dari sebuah kesalahan di tahun 1905. Kala itu seorang bocah lelaki 11 tahun bernama Henry Epperson tengah bereksperimen. Ia mencampurkan bubuk soda dan air, mengaduknya dalam sebuah cangkir menggunakan stik. Setelahnya Henry mendiamkan campuran tersebut semalaman dengan stik yang masih tertinggal di dalamnya.

Udara di malam itu sedang dingin-dinginnya, siapa sangka akan memberi pengaruh pada ramuan buatan Henry yang ditemukan membeku pada pagi harinya. Ramuan membeku itulah yang kini dikenal sebagai es lollipop.

Epperson lantas mendeklarasikan penemuannya tersebut pada tahun 1923 dengan nama “Epsicles”. Namun sayangnya nama tersebut dirasa kurang menarik sehingga tidak banyak orang yang penasaran. Epperson pun bekerja sama dengan sebuah perusahaan di New York untuk mendistribusikan penemuannya ke seluruh negara.

Hingga saat ini, es lolipop yang berganti nama menjadi popsicle itu telah dikenal seluruh masyarakat dari berbagai negara. Rasanya pun beragam, ada coklat, vanila, atau rasa buah-buahan yang menyegarkan.

Meski mudah ditemui dan dibeli dimanapun, kudapan satu ini juga bisa dibuat di rumah lho! Tentunya dengan resep yang mudah dan sederhana. Salah satu rasa popsicle yang digemari banyak orang adalah blueberry. Kali ini, kalian bisa mencoba es loli yoghurt blueberry dengan resep berikut ini.

Waktu: 30 menit

Porsi: 9 buah

Bahan:

· 150 gr blueberry

· 50 gr bubble

· 400 ml yoghurt blueberry

· 110 gr yoghurt plain padat

· 100 ml susu cair

Langkah membuat:

1. Haluskan bubble hingga melumer

2. Dalam panci, rebus yoghurt blueberry, yoghurt plain dan susu dengan api sedang. Aduk secara merata sampai mendidih.

3. Setelahnya, angkat panci dan dinginkan adonan.

4. Setelah adonan mendingin, tambahkan blueberry yang sudah dihaluskan. Aduk hingga merata.

5. Tuang adonan dalam cetakan es lolipop, jangan lupa letakkan stik di tengah-tengahnya.

6. Bekukan adonan di dalam freezer dan tunggu selama beberapa jam hingga adonan membeku.

Pastikan adonan benar-benar membeku ya sebelum bisa disajikan. Selamat mencoba! (mnd/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev