Iklan Banner Sukun
Ragam

Sebelum Tidur, Hindari Beberapa Hal Ini Agar Bisa Nyenyak

(Foto: Vladislav Muslak, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Kualitas tidur seseorang akan berpengaruh dalam menjalani aktivitas harian. Tidur yang berkualitas dipercaya pakar kesehatan bisa mencegah stres. Namun, kualitas tidur bisa rusak akibat rutinitas tidak sehat yang dilakukan sebelum tidur.

Saat-saat sebelum tidur menjadi waktu yang krusial dalam menentukan kualitas tidur seseorang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kondisi kita sebelum tidur. Termasuk agar tidak terjebak pada kondisi overthingking atau terlalu banyak berfikir.

Agar terhindar dari masalah kurang nyenyak sebelum tidur sebaiknya hindari hal berikut.

Hindari melihat layar ponsel, atau laptop

Cahaya biru juga putih yang dipancarkan dari layar LED laptop dan ponsel dapat menghalangi otak untuk melepaskan hormon yang membantu tubuh bisa tidur tepat waktu. Terkadang sebelum tidur, Anda terbiasa menonton tayangan video Youtube, atau melihat sosial media.

Hingga terjadilah overthinking yang menyebabkan susah tidur. Sebelum tidur sebaiknya jauhkan peralatan elektronik dari samping Anda. Ini demi mencegah keinginan untuk membuka ponsel, atau laptop.

Hindari makanan berlemak

Penelitian telah menemukan bahwa makan makanan berlemak atau cemilan saat larut malam dapat berdampak negatif pada kualitas tidur Anda. Sebaiknya Anda makan jauh sebelum waktu tidur. Jika ingin camilan, konsumsi buah atau lebih aman minum air putih.

Hindari Rokok

Bagi Anda yang sudah kecanduan rokok memang susah untuk menerapkan ini. Memang tidak banyak orang tahu bahwa merokok dapat menyebabkan gangguan tidur.

Meskipun banyak yang percaya jika merokok membantu seseorang lebih rileks. Tapi jika dilakukan sebelum tidur, justru membuat tidur susah nyenyak.

Hindari minum kopi atau teh

Kandungan kafein dalam minuman teh atau kopi berdampak pada meningkatnya tingkat adrenalin dan energi dalam tubuh. Hal ini yang dapat membuat Anda tetap terjaga untuk jangka waktu yang lama. Jika hendak minum kopi, lakukan pada siang hari, atau sore. Jangan pada malam hari apalagi mendekati jam tidur.

Coba terapkan untuk konsisten menghindari beberapa hal itu. Karena tidur yang kurang nyenyak bisa membuat pusing pada kepala bagian belakang, terkadang juga membuat seseorang susah bangun pagi hari. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar