Ragam

Sebelum Rugi, Kenali Ciri-Ciri Lowongan Kerja Penipuan

(Foto: Markus Winkler, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Banyak orang kehilangan pekerjaan akibat pandemi. Termasuk banyak mereka yang baru lulus kuliah kesulitan mencari pekerjaan. Sialnya, banyak juga mereka yang menyebarkan informasi lowongan kerja untuk menipu. Yang sering kita temui adalah selebran di tembok-tembok atau tiang listrik tentang lowongan menempel teh celup.

Sekarang, mereka juga merambah banyak situs web dan aplikasi online. Korbannya tidak sedikit dan dikatakan mengalami kerugian yang sangat besar. Nah, untuk menghindarinya, kita harus kenali ciri-ciri lowongan kerja penipuan, simak selengkapnya!

Perusahaan tidak jelas

Orang sering tergoda dan terkelabuhi oleh iklan lowongan pekerjaan yang terlihat menarik dan menjanjikan. Dengan strategi kotor mereka seperti melebih-lebihkan previlage yang didapat oleh pelamar, pada akhirnya banyak yang tertarik dan melamar di perusahaan tersebut. Jika hal itu terjadi kita sebaiknya harus berhati-hati dalam memilih dan lebih teliti dalam memilih iklan lowongan pekerjaan di internet.

Alamat perusahaan tidak sesuai

Semua daftar pekerjaan online biasanya menyertakan alamat perusahaan dan alamat email Anda. Sekali lagi, pencari kerja harus sangat berhati-hati.

Harap periksa kembali alamat perusahaan Anda. Anda juga dapat menggunakan Google Maps untuk menemukan lokasi perusahaan yang akan kita lamar. Jika Anda merasa perusahaan yang anda lamar dekat dengan tempat tinggal Anda, sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu. Ada kekhawatiran bahwa kejadian tak terduga seperti penipuan dapat terjadi kemudian.

Menawarkan gaji yang tidak wajar

Siapa yang tidak mau digaji dengan harga tinggi, semua orang ingin melamar pekerjaan yang pekerjaannya mudah yang digaji tinggi dan sebenarnya itu tidak masalah.

Anda sebagai pelamar juga harus bijaksana dalam membandingkan pekerjaan yang di tawarkan dengan pekerjaan yang di lakukan dan usahakan sesuaikan dengan plan masa depan anda. Jangan sampai tergiur dengan postingan lowongan pekerjaan yang mematok gaji yang tinggi.

Berbayar

Ciri-ciri yang satu ini adalah salah satu yang paling jelas medandakan bahwa lowongan pekerjaan itu palsu dan sangat mencurigakan.Tujuan anda bekerja jelas untuk menghasilkan uang, Namun pada saat anda belum bekerja anda harus mengeluarkan uang yang biasanya bermodus biaya administrasi. Beberapa perusahaan mungkin ada yang mengeluarkan deposit untuk biaya masuk, Namun kita sebagai pelamar juga harus memastikan betul apakah perusahaan yang mengeluarkan deposit tersebut bukan pihak yang tidak bertanggungjawab.

Jika anda melamar diperusahaan yang mengharuskan anda membayar tinggi sebelum melamar, anda harus waspada, bisa jadi ada masalah dibalik pihak yang tidak bertanggungjawab tersebut. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar