Iklan Banner Sukun
Ragam

Sebelum Fatal, Kenali Tanda Kolesterol Tinggi Menyerang

(Foto: Karolina Grabowska, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Gorengan, ayam geprek, sate, soto daging. Adalah deretan makanan khas masyarakt kita dan sulit sekali untuk dihindari. Rasanya yang nikmat, kuah santan yang legit, dan gurihnya gorengan menjadi alasan kenapa makanan-makanan ini sulit sekali dihindari.

Namun, di balik kenikmatan makanan-makanan tersebut, menunggu efek yang terus mengancam. Apalagi jika makanan ini dikonsumsi secara terus-menerus dan berlebihan. Kolesterol siap menanti anda di kemudian hari. Gejala kolesterol tinggi bisa menyerang siapapun. Bukan hanya orang dewasa tetapi juga remaja dan anak-anak.

Kolesterol yang tinggi biasanya disebabkan karena penerapan gaya hidup yang tidak sehat, dan kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi lemak. Dengan begitu dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah bisa menyebabkan penumpukan lemak di pembuluh darah. Akan tetapi untuk mendeteksi kolesterol tinggi sejak dini seringkali tidak menunjukkan gejala yang khas. Namun, bisa dilakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara teratur dengan bantuan dokter.

Kolesterol ini merupakan termasuk kategori penyakit tidak menular, biasanya kolesterol normal tidak lebih dari 200 mg/dL, Dan gabungan antara kolesterol baik, kolesterol jaahat, dan trigliserida yang normal namun agak tinggi menyentuh angka 200- 239 mg/dL. Dan untuk kadar kolesterol yang bisa mencapai lebih dari 243 mg/dL.

Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan kurang lebih selama lima tahun sekali sejak usia 20 tahun, Dan pemeriksaan kadar kolesterol perlu juga dilakukan lebih rutin dilakukan bagi Anda yang menderita obesitas atau tekanan darah tinggi saat berusia di atas 45 tahun ke atas bagi pria dan 65 tahun ke atas untuk wanita.

Adapun ada beberapa hal-hal yang menjadi penyebab kolesterol tinggi. Diantaranya gaya hidup yang tidak sehat, umur, Stress, dan kurang bergerak. Dan juga Anda harus Lebih peka terhadap hal-hal yang menjadi Penanda kolesterol sedang tinggi. Seperti nyeri bagian Tengkuk, nyeri bagian dada, mudah lelah, Nyari kaki dan mudah kesemutan, sering pusing, dan leher pegel saat bangun tidur.

Dengan demikian Ada beberapa cara untuk mencegah kolesterol tinggi yang paling efektif Untuk melindungi Anda dari resiko penyakit kolesterol tinggi. Diantaranya: mengontrol dan menjalani gaya hidup sehat Seperti tidak merokok dan minum minuman beralkohol yang dapat menyebabkan kadar kolesterol di dalam darah semakin tinggi. Kemudian pola makan teratur dan rutin ber olahraga serta sering bergerak.

Itulah Tanda-tanda kolesterol tinggi menyerang anda beserta cara mencegahnya. Bagaimanapun gaya hidup sehat merupakan yang utama dalam mencegah segala penyakit. Tetap jaga kesehatan, karena kesehatan merupakan investasi tersebar dunia. [ptr/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar