Ragam

Satu Dekade Berkarya, Ini Lagu Tulus yang Menyentuh Hati

(Foto: Instagram @tulusm)

Surabaya (beritajatim.com) – Siapa yang tidak mengenal Tulus? Penyanyi solo yang lagu-lagunya telah didengar hampir seluruh masyarakat Indonesia, baik penggemar maupun pendengar biasa. Pria berumur 34 tahun memiliki nama asli Muhammad Tulus Rusydi. Lahir di Bukittiggi, Sumatera Barat, ia memulai karirnya 2011. Lika-liku perjalanan dalam bermusik telah ia lalui, rasa minder dan berbagai penolakan pun sudah dihadapi. Kini sudah 10 tahun Tulus berkarya, tak ada lagu-lagunya yang tak dikenal orang.

Oleh karena itu, untuk merayakan kesuksesan Tulus ini, kami hadirkan 10 lagu Tulus yang paling populer dan wajib didengarkan.

1. Sewindu (2011)

Meskipun dengan lantunan melodi yang santai dan ceria, namun ternyata lagu ini memiliki makna yang menyedihkan. Menceritakan tentang kisah patah hati laki-laki yang menyukai wanita dalam 8 tahun lamanya. Tapi sayangnya perasaannya bertepuk sebelah tangan karena wanita itu memiliki pria lain. Lagu inilah yang pertama kali mengantarkan Tulus pada gerbang kesuksesan.

2. Teman Hidup (2011)

Melalui judulnya, seperti sudah bisa digambarkan bagaimana cerita dari lagu satu ini. Tentang ungkapan perasaan cinta pada seseorang dan ingin menjadikan sebagai teman hidup di mana mereka akan menghadapi dunia berdua tak peduli seberapa kerasnya. Lagu sangat romantis untuk didengarkan bersama pasangan kalian.

3. Jangan Cintai Aku Apa Adanya (2014)

Berbeda dengan lagu kebanyakan yang mengajarkan orang untuk mencintai pasangan dan menerima apa adanya, karya Tulus ini malah menginginkan agar sang kekasih tidak menerimanya apa adanya dan begitu saja. Dengan maksud yang baik, agar keduanya bisa berubah menjadi lebih baik baik untuk diri sendiri, pasangan, dan orang lain.

4. Ruang Sendiri (2016)

Berbeda dari lagu-lagu sebelumnya, lagu ini malah mengatakan bahwa meski dalam hubungan, baik pasangan, pertemanan, persahabatan, dibutuh waktu dan ruang untuk diri sendiri. Waktu dan ruang tersebut akan menghasilkan jarak yang menumbuhkan rasa rindu. Rindu itulah yang membangun nilai penting dari suatu hubungan.

5. Pamit (2016)

Tulus memang piawai dalam menuliskan lagu yang menorehkan luka. Kali ini Tulus menggambarkan sebuah perpisahan dalam hubungannya, bukannya karena perselingkuhan atau konflik lainnya, namun karena sudah tidak ada titik temu dan penyelesaian. Tulus seolah menggambarkan bahwa ketidak cocokan itu nyata dan tidak bisa dipaksakan. Meski begitu, hanya status dalam pasangan yang berbeda, namun sebaik mungkin pertemanan masih harus terjalin.

6. Tukar Jiwa (2016)

Masih dengan lagu yang menyayat hati, lewat lagu Tukar Jiwa, ia ingin menyampaikan bagaimana rasanya saat seseorang sudah kehabisan cara agar orang lain mau memahaminya. Liriknya yang indah bisa menggambarkan rasa putus asa dan ingin agar bertukar jiwa dengan orang lain agar orang tersebut merasakan perasaannya.

7. Monokrom (2016)

Selain lagu patah hati, Tulus ingin menyampaikan rasa syukurnya melalui lagu Monokrom ini. Tak hanya dirinya sendiri, Tulus juga mengajak pendengarnya untuk selalu mengingat orang lain terutama yang sudah banyak membantu. Tak lupa untuk menghargai kebersamaan dan berbagi kebahagiaan selagi mampu.

8. Labirin (2019)

Lagu ini pas sekali bagi kalian yang sedang terpesona oleh seseorang. Namun ternyata, seseorang yang disukai Tulus dalam lagu ini memiliki kepribadian yang rumit. Labirin sendiri diumpamakan sebagai kerumitas tersebut, belika-liku dan penuh kelak-kelok. Memahami seseorang tersebut sama seperti sedang mempelajari rasi bintang. Namun tetap saja, saat jatuh cinta, semua akan dilakukan untuk mencari tau seperti dambaan hati tersebut.

9. Adu Rayu (2019)

Berbeda dengan lagu-lagu lainnya, Adu Rayu adalah project kolaborasi antara Tulus, mendiang Glen Ferdly, dan Yovie Widiyanto. Seperti judulnya, lagu ini menceritakan dua laki-laki yang sedang memperebutkan seorang wanita. Lirik yang ditulis oleh Tulus ini benar-benar mencerminkan bagaimana kedua pria ini saling beradu untuk merayu sang pujaan agar memilih salah satu diantara mereka.

10. Ingkar (2021)

Lagu ini adalah lagu terbaru dari Tulus, dan masih seperti sebelumnya, lagu ini memiliki arti yang mendalam. Kisahnya sederhana, tentang seseorang yang tak lagi memiliki cinta untuk kekasihnya, tetapi ia harus berbohong dan terus berpura-pura. Lagu ini menjadi single pertama untuk mewakili album baru Tulus yang akan rilis pada September mendatang. (mnd/tur).


Apa Reaksi Anda?

Komentar