Ragam

Sambut Kemenangan Arab Saudi Atas Argentina, Raja Salman Umumkan Hari Libur Nasional

Potret Raja Salman. (Sumber foto: Instagram/@kingsalman)

Surabaya (beritajatim.com) – Arab Saudi tengah berbahagia setelah tim nasionalnya berhasil mengalahkan Argentina. Menyambut hal tersebut, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud mengumumkan hari Rabu (23/11/2022), sebagai hari Libur Nasional di Arab Saudi.

Laga Grup C Piala Dunia 2022 pada Selasa (22/11/2022) dibuka dengan pertandingan antara Arab Saudi dengan salah satu favorit kuat juara dunia, Argentina. Tak heran jika pertandingan berjalan dengan menegangkan dan sengit, ditambah Arab Saudi sempat tertinggal oleh gol Lionel Messi di babak pertama.

Namun siapa sangka, berkat arahan Herve Renard, tim Arab Saudi comeback di babak kedua. Hingga gol-gol Saleh Al Shehri pada menit ke-48 dan sepakan maut Salem Al Dawsari di menit ke-53 menciptakan kemenangan Arab Saudi dengan skor 2-1.

Kemenangan ini menjadi yang keempat sepanjang sejarah berpartisipasnya dalam perhelatan Piala Dunia. Namun merupakan kemenangan perdana bagi tim seluruh Asia.

Melansir dari laman Saudi Times, Raja Salman pun memberikan hari Libur Nasional untuk seluruh pegawai, baik di sektor pemerintah dan swasta, sama halnya dengan para pelajar di Arab Saudi. Bahkan, Kementerian Pendidikan Kerajaan mengatakan setiap ujian yang dijadwalkan pada hari Rabu (23/11) akan ditunda hingga 7 Desember.

Tidak hanya itu, Bursa Efek Saudi atau Tadawul juga mengumumkan akan menangguhkan perdagangan pada hari Rabu dan melanjutkan pada hari Kamis sehubungan dengan pengumuman hari libur nasional.

“Kenangan Hari Nasional kita mengungkapkan kebanggaan akan kejayaan tanah air, dan kebanggaan akan status dan persatuannya di antara bangsa-bangsa yang menjadi fondasi bangunan tinggi ini,” tulis Raja Salman dalam akun Twitter resminya.

Dikutip dari Arabnews, keputusan ini juga diambil berkat saran Putra Mahkota Muhammed bin Salman untuk merayakan kemenangan Green Falcons dengan hari libur nasional.

Meski gitu, apa yang dilakukan oleh negara penghasil minyak bumi terbesar itu memang sudah sejak lama diterapkan. Yakni oleh Kamerun pada Piala Dunia 1990, kala itu tim nasional Arab Saudi juga berhasil mengalahkan Argentina dengan gol 1-0.

Sementara itu, kemenangan Arab Saudi pada Piala Dunia 2022 ini membuka lebar peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Pada klasemen Grup C, Arab Saudi saat ini berada di urutan atas dengan memegang tiga poin, lantas disusul Meksiko dan Polandia.

Laga kedua pada 26 November mendatang akan menjadi pertemuan antara Arab Saudi dengan Polandia. (mnd/nap)

Apa Reaksi Anda?

Komentar