Iklan Banner Sukun
Ragam

Salah Jurusan Sering Dialami, Cegah Sebelum Terlambat!

Photo by Eliabe Costa on Unsplash

Surabaya (beritajatim.com) Setelah selesai menempuh bangku sekolah di SMA ada yang memutuskan untuk kembali belajar di perguruan tinggi dan ada yang memilih langsung bekerja. Untuk mereka yang melanjutkan kuliah, memang perlu memikirkan dengan matang jurusan yang ada diambil selama beberapa tahun ke depan.

Ketika bisa memilih jurusan yang tepat, maka kuliah akan lebih menyenangkan dan tidak menjadi beban atas keputusan yang diambil. Selain itu akan menghindari kita dari perasaan tidak cocok atas jurusan yang dipilih. Maka memang penting untuk mengetahui prodi apa yang akan dipilih.

Bahaya dari salah memilih jurusan yang kurang sesuai akan berpengaruh besar terhadap minat belajar bahkan untuk kemungkinan yang paling buruk bisa jadi kita merasa terbebani hingga tidak cocok dengan kuliah yang diambil.

Penyebab dari Salah Memilih Jurusan adalah kita kurang mencari informasi tentang program studi yang diambil. Bahayanya jika kurangnya informasi mengenai berbagai macam pilihan jurusan atau program studi di perguruan tinggi, maka kita akan hanya memilih jurusan yang dikenal banyak orang secara umum dan dan apa yang ada.

Walaupun, seharusnya dari pihak sekolah yang memberikan informasi yang cukup detail sehingga kita bisa jurusan itu cocok dan sesuai dengan minat atau tidak. Cara mudah mendapatkan informasi tentang jurusan yang akan diambil:

 

Googling Dengan Internet 
Ini adalah cara yang paling muda dengan melakukan Googling untuk mengetahui jurusan di dunia perkuliahan sehingga kita bisa manfaatkan sebaik mungkin informasi yang diperoleh dengan mengumpulkan informasi sedetail mungkin tentang jurusan yang mau diambil.

Tak Perlu Malu Untuk Bertanya Supaya Tidak Salah Jurusan

Kadang mungkin kita merasa tidak nyaman jika terlalu sering bertanya. Namun, itu bukanlah masalah daripada kita salah menentukan. Kita bisa mulai sering konsultasi dan berdiskusi dengan guru BK di sekolahan. Biasanya mereka akan memberikan pencerahan dan pandangan tentang minat dan potensi diri kita.

Selain itu, sesuai dengan namanya BK adalah bimbingan konseling yang memiliki ilmu psikologi sehingga mereka bisa mengarahkan jurusan yang cocok dengan jurusan kita nantinya. Bukan hanya itu, sebagai guru BK, mereka akan mencari informasi ke kakak kelas atau alumni sekolah yang memiliki informasi lebih up to date sehingga lebih paham mengenai seluk beluk jurusan perkuliahan. [prd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar