Iklan Banner Sukun
Ragam

Rutin Bersepeda, Ini 6 Manfaat yang Akan Didapatkan!

Ilustrasi seseorang yang bersepeda secara rutin. (Sumber foto: Sebastian Voortman/pexels.com)

Surabaya (beritajatim.com) – Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang banyak disenangi. Selain menjadi olahraga yang ringan, sepeda tak hanya mampu menyehatkan kesehatan secara fisik, tapi juga menyegarkan pikiran. Ini karena sembari bersepeda, kalian bisa menikmati suasana di luar rumah.

Bahkan, olahraga sepeda juga bisa dilakukan saat bulan Ramadan ini loh! Kalian bisa gowes santai di sore hari sembari mencari takjil. Double manfaat kan?

Kali ini kami akan fokus membahas manfaat bersepeda untuk tubuh. Penasaran? Simak dengan saksama ya!

1. Meningkatkan kekuatan otot

Seperti yang semua orang tahu, bersepeda membuat seseorang terus mengayuh pedal agar seimbang dan tidak jatuh. Gerakan tersebut nyatanya membuat kekuatan otot akan meningkat. Tak hanya berpengaruh pada otot, bersepeda secara rutin juga bisa melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung

Bersepeda termasuk kedalam jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah.

Dengan bersepeda secara rutin, kadar lemak dalam darah pun menurun sehingga baik untuk mereka yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan sistem imun tubuh

Dengan rutin bersepeda, sistem imun tubuh juga otomatis akan meningkat. Tentunya ini akan membuat kalian lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

3. Mencegah kanker

Bersepeda secara teratur dibarengi dengan asupan makanan bergizi akan menyelamatkan kalian dari risiko kanker.

Sebuah studi terbitan Journal of American Medical Association (JAMA) menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar hingga usia tua memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap kanker paru dan kanker kolorektal.

Sementara itu bagi penderita kanker dalam masa pemulihan, bersepeda dapat mengurangi efek samping dari pengobatan kanker dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

4. Mengontrol berat badan

Sedang melakukan program diet? Maka sangat disarankan untuk memilih olahraga sepeda untuk mempercepat prosesnya. Ini karena bersepeda membantu membakar kalori serta meningkatkan metabolisme.

Banyaknya kalori terbakar saat bersepeda akan bergantung pada durasi, jarak, dan kecepatan Anda saat bersepeda. Selain itu, jangan lupa untuk mengombinasikan dengan pola makan yang sehat dan gizi seimbang.

5. Menstabilkan diabetes

Perlu kalian ketahui bahwa kurang melakukan aktivitas fisik merupakan salah satu pemicu diabetes. Yang mana bisa berlanjut pada komplikasi serius seperti kerusakan ginjal, stroke, dan jantung. Itulah pentingnya melakukan olahraga secara rutin termasuk bersepeda.

Bagi kalian yang sudah menderita diabetes, artinya harus semakin rajin untuk beraktivitas fisik. Selain menurunkan risiko komplikasi dari diabetes, bersepeda juga mengontrol kadar gula darah sehingga diabetes lebih stabil.

6. Atasi insomnia dan depresi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bersepeda tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, namun juga kesehatan mental. Bersepeda secara rutin akan membuat tidur lebih nyenyak dam berkualitas, sehingga pikiran bisa beristirahat.

Selain itu, Bersepeda secara rutin membuat tubuh mengeluarkan hormon dopamin yang memicu rasa bahagia, menurunkan perasaan stres, depresi, dan gangguan kecemasan lain.

Begitu banyak manfaat dari bersepeda. Tak perlu rute yang jauh, cukup dekat dengan lingkungan rumah namun rutin, kalian tetap akan mendapatkan manfaat-manfaat di atas. (mnd/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev