Ragam

Rich Brian: Rapper Indoensia Yang Mendunia

(Foto: Instagram @brianimanuel)

Surabaya (beritajatim.com) – Di antara kita pasti sudah mengetahui dan tidak asing lagi tentang nama rapper ini. Ya, Rich Brian. Rapper ini bernama asli Brian Imanuel Suwarno. Brian merupakan seorang penulis lagu, rapper, penyanyi dan produser. Brian memiliki nama panggung dengan “Rich Brian/Rich Chigga”.

Brian memulai kariernya, Brian berawal dari platform Media Youtube dan berhasil membuat lagunya berjudul ‘Dat $tick’ populer di tengah masyarakat. Lagu ini juga ia dirilis tahun 2016 di soundcloud.

Brian membuat sejarah awal tahun 2018, sebagai rapper Indonesia-Cina pertama yang mencapai #1 di tangga lagu hip hop iTunes, dengan album debutnya ‘Amin’. Di umurnya yang masih terbilang muda, Brian mulai belajar bahasa Inggris sendiri dengan mempelajari video tutorial dan belajar dari ‘ Thrift Shop’ Macklemore. Ini adalah suara seorang remaja Asia yang mirip dengan gaya American Dream di kehidupan yang ia jalani melalui lensa YouTube dan media sosial.

Lagu yang berjudul ‘Gold’ Menyusul kesuksesan single tersebut, Brian merilis single lain, ‘Who That Be’, pada Agustus 2016. Dia menggunakan ‘iTunes’ sebagai platform untuk rilisnya. Lagu tersebut mengikuti kesuksesan ‘Dat $tick’, yang menjadi sukses di Indonesia dan Amerika Serikat. Dia kemudian merilis single ketiganya, ‘Seventeen’. Lagu tersebut mencapai lebih dari satu juta views dalam beberapa hari pertama dirilis di YouTube.

Pindah ke LA Amerika, Brian mengesampingkan karir di film sebagai sinematografer untuk mengasah musik. Untuk itu, sebagian besar dengan dukungan manajemennya ada di 88rising – label, video, dan perusahaan pemasaran yang berbasis di AS yang mempromosikan daftar bakat Asia seperti NIKI, Keith Ape, dan Joji.

The Sailor adalah Album studio yang menceritakan tentang pertumbuhan Rich Brian selama waktu itu. Album studio itu Direkam di New York, Los Angeles, dan Jakarta, album ini sedikit bergeser dari musik trappy yang lebih hyped-up yang dirilis Brian baru-baru ini tahun lalu. Ini adalah album yang lebih melodik dan ekspresif secara musikal daripada Amin, dengan gitar ringan dan ketukan boom-bap berdebu dengan duduk di samping party bangers. (rad/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar