Iklan Banner Sukun
Ragam

Resep Zuppa Soup Anti Gagal, Makanan Khas Italia yang Gurih dan Lezat

Resep zuppa soup (sumber foto: tangkapan layar kanal YouTube Tasyi Athasyia)

Surabaya (beritajatim.com) – Zuppa soup merupakan salah satu kuliner barat yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini memiliki ciri khas bentuk, rasa, dan tekstur yang berbeda sehingga membuat banyak orang merasa penasaran ingin mencicipnya.

Kuliner ini dibuat dari dua bahan utama yang dipadukan menjadi satu, yakni soup dan pastry. Dua bahan utama ini dibuat dengan cara yang berbeda. Kamu harus membuat soup terlebih dahulu, baru diletakkan di dalam wadah tahan panas dan pada bagian atasnya ditutup dengan menggunakan adonan pastry dan diolesi dengan kuning telur agar lapisan atasnya berkilau.

Menjadi kuliner yang dianggap mewah, ada satu fakta unik tentang zuppa soup yang perlu kamu ketahui yakni kuliner ini paling sering muncul dalam pesta pernikahan dan menjadi menu favorit. Tak sedikit orang yang menyertakan zuppa soup dalam menu gubukan pernikahan.


Untuk dapat menikmati hidangan lezat yang satu ini, kamu tidak perlu repot-repot untuk hadir di acara pernikahan. Kamu bisa membuat sendiri dirumah, loh.

Berikut resep dan cara membuat Zuppa Soup ala Tasyi Athasyia yang bisa kamu jadikan salah satu referensi, nih. Simak cara pembuatannya ya!

Bahan-bahan:

1 Buah bawang bombay
8 Siung bawang putih
2 Buah kentang 2 Buah wortel
4 sdm Unsalted butter
2 sdm Minyak
2 sdt Rosemary
2 sdt Lada
4 sdt Kaldu ayam
Jagung
250 ml Air Jagung secukupnya
2 sdt Garam
4 sdt Gula pasir
1 sdt Parsley bubuk
1 sdm Tepung terigu
300 ml Heavy cream
200 gr Daging ayam
Puff Pastry instan

Cara pembuatan:
1. Siapkan isian zuppa soup
Langkah pertama, kupas sayuran wortel dan kentang lalu cuci bersih. Iris sayuran berbentuk kotak-kotak kecil dengan menyamakan ukuran potongannya agar kematangan sayur merata.

Potong bawang bombay, lalu haluskan bersama dengan bawang putih. Beralih ke isian daging, potong daging ayam yang sudah disiapkan berbentuk dadu, lalu sisihkan.

2. Tumis isian zuppa soup
Panaskan unsalted butter di atas panci hingga mencair sempurna dan tambahkan 2 sdm minyak. Berikutnya, masukkan kedua jenis bawang yang sudah dihaluskan dan tumis hingga aromanya wangi.

Tambahkan unsalted butter lagi sembari memasukkan potongan kentang dan wortel. Kemudian, masukkan juga daging ayam lalu tumis merata. Selanjutnya, beri penyedap rasa yang terdiri dari 2 sdt rosemary, 2 sdt lada, dan 4 sdt kaldu ayam. Tambahkan pula air ke dalam panci dan tutup hingga sup mulai matang.

3. Rebus sup dan tambahkan bumbu penyedap lainnya
Tambahkan jagung yang sudah direbus ke dalam sup. Tutup kembali panci agar isian sup semakin empuk. Kamu boleh cicipi isian sup untuk memperkirakan kematangannya.

Setelah isian hampir matang, masukkan perintilan penyedap lainnya yakni garam, gula pasir, dan parsley. Tambahkan tepung terigu atau tepung maizena agar kuah sup menjadi kental. Jangan lupa tambahkan heavy cream pula agar kuahnya menjadi super creamy.

4. Terakhir, tuangkan zuppa soup ke dalam wadah dengan plating cantik bersama puff pastry

Tuang sup yang telah matang secukupnya ke dalam mangkuk lalu sisihkan sebentar. Potong lembaran puff pastry instan sesuai ukuran mangkuk yang kamu gunakan. Letakkan puff pastry di atas mangkuk dan tekan pinggiran lingkarannya.

Olesi permukaan puff pastry dengan kuning telur agar tampak mengkilat. Terakhir, panggang zuppa soup dalam oven di suhu 180-200 °C selama 12 menit. Tunggu adonan hingga mengembang sebelum akhirnya bisa kamu santap.

Nah, itu tadi resep dan cara pembuatan Zuppa Soup yang bisa kamu masak di rumah aja. Selamat mencoba ya! (eve/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar