Iklan Banner Sukun
Ragam

Resep Mudah Dimsum Ayam, Saosnya yang Gurih dan Lezat Ala Rumahan

Contoh dimsum ayam dengan berbagai macam saos. (Pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Dimsum atau yang memiliki arti makanan kecil merupakan camilan wajib di budaya masyarakat Cina. Biasanya camilan ini disuguhkan saat ada acara-acara besar dan peringatan khusus.

Selain itu, kuliner dimsum sendiri sangat mudah ditemukan di Indonesia dan terkadang menjadi menu makanan atau hanya sekedar camilan di kala santai.

Menu dimsum juga memiliki beberapa variasi dengan isian yang berbeda, mulai isi ayam, udang, maupun daging sapi. Terkadang agar lebih terlihat cantik, Anda bisa memakai kulit dimsum yang memiliki warna cerah. Seperti merah mudah, kuning, hijau, hingga merah.


Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat dimsum namun belum paham bahan dan cara mengelolanya. Berikut beberapa resep yang bisa Anda tiru untuk membuat kreasi dimsum.

Bahan yang dibutuhkan:

· 500 gram daging ayam fillet, lalu giling atau blender

· 100 gram udang blender

· 2 batang daun bawang

· 3 siung bawang putih

· 2 butir telur ayam.

· 200 gram tepung tapioca

· 1 sachet kaldu jamur merang

· garam secukupnya

· ½ sdt lada putih

· 1,5 sdm minyak wijen

· 1 sdm kecap asin

· 1 buah wortel lalu parut halus.

Camilan dimsum tentu tak akan lengkap rasanya jika tidak disajikan dengan saus, berikut bumbu-bumbunya yang harus disiapkan, diantaranya:

Bahan Saos Dimsum

· 2 buah cabe merah besar

· 3 buah cabe rawit merah

· 2 siung bawang putih

· 250 ml air.

· 1 sdt cuka masak

· 1 sdt gula pasir

· 1 sdt garam

· 1 sdt tepung maizena

Langkah – langkah membuat dimsum:

Nah untuk cara membuatnya cukup mudah pertama haluskan atau blender ayam fillet dan udang, lalu siapkan bahan-bahan bumbunya.

Iris tipis daun bawang, cincang halus bawang putih kemudian campurkan dengan daging halus dan telur.

Tahap selanjutnya, campurkan sema bahan hingga tercampur rata. Setelah itu, siapkan kulit pangsit serta isi topping dengan wortel yang sudah diparut halus tersebut.

Di tahap terakhir cukup masak dengan cara dikukus kira-kira 25-30 menit tunggu sampai matang merata lalu dimsum siap untuk disajikan. (frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar