Iklan Banner Sukun
Ragam

Resep Mudah Bikin Dorayaki, Cemilan untuk Keluarga di Akhir pekan

Ilustrasi kue dorayaki dengan berbagai selai isi. (instagram/dorayaki.id)

Surabaya (beritajatim.com) – Siapa yang tidak mengenal karakter kartun Doraemon, hampir semua dari kita, kenal akan tokoh animasi asal Negeri Jepang satu ini. Selain karakter kartunnya, cemilan kesukaan robot kucing ini juga dikenal luas, apa lagi kalau bukan dorayaki.

Jika di lihat sekilas, cemilan ini menyerupai pancake. Terdiri dari dua lapis kue berbentuk lingkarang dengan isian pasta kacang merah. Meski, kini isian dorayaki sudah sangat variatif. Ada rasa cokelat, keju, dan masih banyak lagi. Tapi, tahukah kamu, dahulu bentuk dorayaki tidak seperti sekarang?

Pada zaman Edo, sekitar tahun 1603-1867, dorayaki dikenal sebagai kue lipat yang menyerupai telur dadar dengan adonan yang jauh lebih tipis. Baru pada tahun 1014, dorayaki mulai diperkenalkan dengan bentuk menyerupai pancake. Pelopornya adalah pemilik toko pembuat kue manis, Usagi yang bertempat di Ueno, Tokyo. Ide itu terinspirasi dari makanan manis khas Eropa, kue castella.

Dahulu, kue ini terbuat dari bahan-bahan khas Jepang, seperti: mirin (arak beras manis), kecap, madu sebagai pemanis dan tsubuan (kacang adzuki yang ditumbuk dan diberi pemanis). Namun, sekarang, membuat dorayaki lebih mudah dengan pancake instan yang cukup diberi tambahan satu sendok makan mirin, satu sendok makan madu, dan setetes kecap. Itu adalah dorayaki khas Jepang.

Jika kamu ingin membuatnya, kamu bisa membuatnya dengan sedikit modifikasi, yakni dorayaki ala Indonesia. Berikut resep yang bisa kamu coba di rumah sebagai teman cemilan anak-anak dan keluarga di akhir pekan.

Bahan

· 2 butir telur

· 80 gram gula (sekitar 4 sdm)

· 1 sdm madu

· 130 gram terigu (sekitar 10 sdm)

· ½ sdt soda kue

· 50 ml air

· Selai cokelat

Cara membuatnya

· Campurkan telur, gula dan madu. Aduk hingga rata menggunakan whisk atau mixer. Aduk sampai adonan mengembang seperti halnya membuat kue.

· Setelah tercampur rata, masukkan tepung dan soda kue campur perlahan sembari masukkan air ke dalamnya.

· Diamkan adonan sekitar 10 menit.

· Lalu, cetak adonan ke teflon yang tidak lengket dengan menggunakan sendok sayur. Gunakan api kecil. Jika adonan sudah berpori dan di bagian tepi adonan tampak kering, balik adonan. Panggang sebentar, kemudian angkat.

· Lakukan itu untuk kue selanjutnya. Jika semua kue sudah tercetak, kamu tinggal memberi selai sesuai selera di atas kue lalu tumpuk dengan kue lain. Dorayaki siap untuk disantap.

Itulah resep sederhana membuat dorayaki, teman ngemil yang cocok untuk disantap bersama keluarga. (Jhn/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev