Iklan Banner Sukun
Ragam

Resep Bikin Es Koteng Medan, Mudah, Murah, dan Enak

Es koteng bercita rasa khas manis, asam, dan segar. (@eskotengaling)

Surabaya (beritajatim.com) – Minum es koteng saat cuaca panas memang mejadi pilihan yang menyenangkan untuk dinikmati. Apalagi salah satu minuman yang berasal dari Medan ini memiliki rasa khas yang manis, asam, dan segar. Es koteng medan resep utamanya adalah jagung manis yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi Anda.

Karena terbuat dari olahan jagung manis, tentunya tidak hanya membuat segar tenggorokan. Namun es koteng ini bisa menjaga kesehatan mata, maupun membuat awet muda, lho. Penampilan dari es koteng pun sangat cantik, maka tak heran jika banyak orang yang tergoda untuk mencicipinya. Salah satu es primadona orang medan ini terbuat dari olahan berbagai buah yang segar dengan aroma yang menggoda.

Meskipun cara membuatnya terbilang tidak susah, namun Anda perlu kecermatan untuk mendapatkan perpaduan rasa yang khas dan nikmat. Lantaran jika salah dalam membuatnya maka rasanya akan tidak enak atau cenderung hambar. Apalagi es koteng yang enak cenderung memiliki aroma dan rasa yang khas untuk memancing para penikmatnya.

Agar es koteng yang Anda buat terasa segar dan nikmat, pilihlah jenis bahan yang segar, maka hidangan Anda bisa jadi sajian spesial. Bagi Anda yang ingin membuat es koteng, tidak perlu pusing untuk menyiapkan bahan maupun cara membuatnya. Simak berikut es koten medan resep sederhana yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Resep Es Koteng Medan

Agar satu resep es koteng bisa menjadi 10 porsi, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan yang bisa ditemukan di super market maupun pasar. Untuk harga bahan-bahannya pun cenderung terjangkau, namun jika Anda benar dalam mengelolahnya akan terasa nikmat dan segar.

Bahan

1. Siapkan 2 buah jagung, pipil dan kukus.

2. Setelah itu siapkan 3 buah manisan yakni jenis jeruk kasturi. Iris menjadi 2 bagian.

3. Siapkan 2 cup kecil sagu cantik manis warna-warni. Kemudian rebus dan dinginkan

4. Untuk menambah isi es konten agar semakin banyak, siapkan 3 bungkus agar – agar plain.

5. Lalu sediakan air secukupnya, dan tambahkan 500 gram gula pasir.

6. Gunakan 1 cup barley jali- jali, seperti kacang hijau namun memiliki warna putih.

7. Siapkan 2 cup kecil bubble jelly, yang sudah direbus dan didinginkan.

8. Siapkan buah nanas hanya setengah saja, jangan lupa sebelum diolah kupas dan cuci hingga bersih buah nanas tersebut. Anda juga bisa memberi taburan garam agar tidak gatal saat dikonsumsi.

Cara Buat

Untuk cara membuat es koteng memang sangat sederhana, tapi Anda harus teliti agar rasa minuman tidak hambar.

1. Sebelum merebus jali – jali atau barley, cuci bersih terlebih dahulu. Setelah direbus tunggu jali-jali hingga mengembang lalu angkat dan tiriskan.

2. Setelah itu buatlah air sirup, tambahkan gula pasir dengan air secukupnya, lalu direbus hingga gula larut. Jangan lupa untuk di dinginkan terlebih dahulu.

3. Masak agar-agar dengan gula setengah gelas dan air dua gelas sampai mendidih. Setelah itu dinginkan dan beri warna pada makanan agar lebih menarik.

4. Berikutnya tambahkan bahan-bahan seperti jagung yang sudah dipipil, jeruk kasturi, nanas, jelly, dan jali-jali. Di gelas yang akan diberi air es dan sirup gula yang sudah matang tadi.

5. Olahan sudah matang, dan minuman es koteng siap untuk dinikmati. (frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar