Ragam

Resep Ayam Goreng Krispi Renyah Ala Restoran Cepat Saji

Ilustrasi ayam goreng krispi
Ilustrasi ayam goreng krispi

Surabaya (beritajatim.com) – Bingung mau masak menu apa hari ini? Mungkin ayam goreng krispi bisa menjadi opsi yang cocok. Terlebih dengan resep ala gerai restoran cepat saji, yang memiliki tekstur renyah dan tentu saja rasa yang nikmat.

Pada dasarnya olahan ayam banyak sekali macamnya, mulai dari yang digoreng biasa, dibakar, panggang, hingga direbus dijadikan sup. Namun, coba sesekali membuat ayam goreng krispi. Menu ini bisa disantap langsung bersama nasi atau bahkan digeprek dahulu bersama sambal. Keduanya sama-sama nikmat.

Mungkin sebelumnya kamu pernah coba membuat, tetapi gagal karena dirasa tidak renyah dan kurang enak? Coba ikuti resep ayam goreng krispi berikut ini.

Bahan-bahan:

– 800-1000 gram bagian paha atau dada
– 1 butir telur
– 250 ml air es
– 1 sdt baking soda
– garam sejumput

Bumbu:

– 10 siung bawang putih
– 1 sdt merica bubuk/butiran
– 1 ruas jahe
– 2 blok kaldu ayam
– 1 sdt garam
– 1/2 sdt ketumbar
– 3 buah cabe merah
– 1 ruas kunyit

Bahan kering:

– 450 gram terigu protein tinggi
– 150 gram maizena
– 2 sdt bubuk cabe merah (opsional)
– kaldu bubuk atau garam secukupnya

Cara membuat:

1. Cuci dan bersihkan daging ayam, setelah itu potong-potong menjadi beberapa bagian. Dengan ukuran sesuai selera.

2. Haluskan bumbu terlebih dahulu, seperti bawang putih, merica, jahe, kaldu ayam, garam, ketumbar, cabe merah, dan kunyit. Jika dirasa sudah halus, lumuri potongan ayam tersebut hingga rata dengan bumbu tersebut.

2. Jika sudah rata, simpan di lemari es semalaman. Namun, jika ingin lebih singkat, cukup 3-5 jam saja.

3. Sembari menunggu, campurkan bahan kering yang digunakan sebagai pelapis, yakni tepung terigu berprotein tinggi, maizena, bubuk cabe merah, dan kaldu bubuk atau garam. Aduk hingga rata. Sisihkan.

4. Jika sudah, untuk bahan basahnya ambil sebagian es batu dan soda kue, campurkan dengan 5 sdm campuran bahan kering yang telah dibuat sebelumnya. Jika sudah rata, masukkan ke dalam lemari es terlebih dahulu agar tetap dingin hingga nanti dapat menempel dengan maksimal.

5. Jika sudah 3-5 jam atau bahkan semalaman, kocok telur hingga rata dan campurkan ke bahan basah. Lalu baluri potongan ayam yang sebelumnya telah disimpan di kulkas.

6. Setelah dibaluri dengan kocokan telur, baluri juga dengan bahan kering. Kemudian kibas-kibaskan potongan ayamnya secara perlahan.

7. Jika sudah, masukkan ke dalam air es. Lalu balurkan lagi ke tepung atau bahan kering. Jangan lupa untuk dicubit-cubit, hal ini berguna agar tepung lebih menempel dan kribo nantinya. Lakukan hal ini secara berulang hingga potongan ayam habis.

Adapun tips yang perlu diperhatikan agar ayam goreng krispi semakin renyah, maka pada waktu penepungan sebaiknya dilakukan sesaat sebelum masuk ke penggorengan. Karena jika terlalu lama menunggu, tekstur tepung setelah digoreng akan menjadi keras.

Selain itu faktor minyak juga dapat berpengaruh. Sebaiknya gunakan minyak cukup banyak dan keadaan benar-benar sudah panas. Goreng ayam krispi menggunakan api kecil atau sedang untuk matang sempurna luar dan dalam. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan dan jangan terlalu sering dibolak balik. (fyi/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar