Iklan Banner Sukun
Ragam

Rekomendasi Novel Bertema Kriminal Penulis Indonesia

(Foto: Nav Rashmi Kalsi, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Genre novel kriminal memang tidak banyak ditulis oleh penulis tanah air. Berbeda dengan penulis internasional yang punya minat pada genre ini, misalnya karya Dan Brown, atau sekumpulan cerita Sherlock Holmes. Kendati demikian, bukan tidak ada penulis Indonesia yang mampu menulis novel bertema kriminal.

Karya yang dihasilkan terbilang cukup baik, bahkan menarik untuk dibaca. Berikut ini rekomendasi novel bagi penggemar tema kriminal karya penulis tanah air yang tak kalah keren dengan novel luar negeri.

1. Sudut Mati karya Tsugaeda

Novel ini memuat kisah kriminal yang mengarahkan pembaca untuk terus mencari tahu makna dalam setiap kasus. Novel ini yang banyak dibicarakan saat terbit 2015 lalu. Ini adalah novel kedua dari Tsugaeda yang sebelum ia sempat menerbitkan novel berjudul Rencana Besar.

Jika biasanya novel kriminal dipenuhi adegan pembunuhan, pada kisah ini justru tersaji cerita yang sederhana namun membuat penasaran. Bahasa yang digunakan ringan, meski dengan tema berat membahas perusahaan, kampanye, persaingan usaha atau sekelumit kehidupan orang kaya. Namun bagi pembaca yang awam masih bisa dicerna dan dipahami.

2. Misteri Patung Garam karya Ruwi Meita

Novel Misteri Ruang Garam merupakan salah satu novel yang bertema investigasi dan misteri. Novel ini menarik untuk dibaca lantaran kesimpangsiuran cerita yang dibangun.

Menarik untuk dibaca karena novel ini memadukan kisah kriminal, misteri, detektif, sekaligus thriller. Perpaduan dari beberapa genre tersebut terjadi karena semua unsur termuat di dalamnya.

3. Tiga Sandera Terakhir karya Brahmanto Anindito

Ini merupakan novel dengan tema yang melibatkan militer, isu politik, serta kisah dari gerakan OPM di Papua. Novel ini memang terinspirasi dari konflik berdarah di kawasan Timur Indonesia sehingga tidak ayal jika membawa cerita penyanderaan, penyekapan, juga pembunuhan.

Sebuah novel yang terbit pada tahun 2015 dilakukan dengan riset tingkat tinggi mengenai kejadian di Papua yang dibungkus dengan kisah fiksi thrilling. Penggemar novel kriminal akan sangat seru saat membaca novel ini.

Tertarik untuk menyingkap kisah dibalik setiap kejadian kriminal? Beberapa novel itu bisa jadi pilihan utama yang memuaskan. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar