Iklan Banner Sukun
Ragam

Rekomendasi Ikan Hias yang Bisa Percantik Akuarium di Rumah

Emir Kaan Okutan, pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Saat jenuh dengan suasana rumah yang monoton, memiliki peliharaan bisa menjadi solusinya. Kebanyakan orang akan memilih kucing atau anjing karena mereka adalah hewan berbulu yang memiliki tingkah menggemaskan, namun, banyak juga yang memilih untuk memelihara ikan.

Selain menghadirkan suasana berbeda, dekorasi aquarium yang cantik juga bisa membuat ruangan lebih menarik. Warna-warni lampu dengan gemericik suara air bisa menenangkan pemilik rumah. Ditambah dengan ikan hias yang melengkapi keseluruhan tampilan akuarium. Bahkan, diketahui bahwa memelihara ikan hias memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Ternyata, gerak-gerik ikan dalam akuarium bisa membuat pikiran lebih tenang dan melepaskan stress bagi mereka yang melihatnya.

Ikan hias sendiri ada banyak sekali jenisnya, kalian bisa memilih ikan apa saja yang ingin kalian pelihar. Dengan corak dan warna beragam, ikan hias ini benar-benar bisa menghiasi rumah kalian. Berikut ini adalah deretan ikan hias yang bisa menjadi rekomendasi bagi kalian.

1. Ikan Koi

Ikan yang satu ini memang sudah populer untuk dipelihara. Bahkan, saat mengunjungi rumah orang yang memiliki kolam, bisa dipastikan ada ikan koi di dalamnya. Ikan koi merupakan jenis ikan yang berukuran cukup besar dibanding ikan hias lainnya, inilah mengapa biasanya ikan koi dipelihara di kolam, bukan di akuarium. Warnanya pun beragam, bisa menyegarkan mata. Selain harganya yang tidak terlalu mahal, ikan koi ini dipercaya sebagai pembawa keberuntungan, cocok bagi kalian yang ingin mulai memelihara ikan.

 

2. Tiger Fish

Biasa dikenal sebagai ikan elang, tiger fish ini merupakan ikan asli Indonesia dan banyak ditemukan di Kalimantan. Tubuhnya yang kecil berwarna orange dengan corak loreng hitam, persis seperti harimau, sangat cantik jika dipelihara dalam akuarium. Harganya yang cukup mahal, membuat ikan ini menjadi lading bisnis di tengah pandemic. Untuk ikan berukuran 1 cm, dihargai 25.000, bahkan ada tiger fish dengan ukuran 15 cm yang dibandrol dengan harga Rp 25 juta.

 

3. Ikan Neon Tetra

Ikan yang berwarna biru terang dengan hiasan putih perak ini berasal dari Amerika Latin, tepatnya di Sungai Amazon. Karena tubuhnya yang kecil, ikan ini akan lebih menarik jika dipelihara dalam jumlah banyak, selain itu, ikan ini juga memiliki sifat berkoloni atau selalu membentuk gerombolan. Ikan yang bersifat omnivore ini memiliki beberapa keluarga seperti neon tetra albino, neon blue eyes, fire neon, dan black neon.

 

4. Discus

Sama seperti ikan neon tetra, ikan discus ini juga berasal dari kawasan Sungai Amazon, Brazil. Ikan ini memiliki garis-garis pada tubuh yang bukan hanya sebagai hiasan belaka. Melainkan sebagai mekanisme pertahanan diri dari ikan predator. Tampilannya yang high class, membuat ikan ini ditaksir memiliki harga yang tinggi, hingga Rp 285 ribu per ekornya.

 

5. Ikan Guppy

Kali ini, salah satu ikan yang populer di Indonesia ini berasal dari Amerika Selatan. Tubuhnya bisa dibilang unik, karena seperti wanita yang sedang menggunakan rok. Ukurannya pun mini, kurang dari 2,5 cm jika diukur dari kepala ke ekor. Ikan guppy adalah ikan yang mudah beradaptasi di berbagai lingkungan. Hal inilah yang membuat ikan guppy bisa tersebar luas hingga ke seluruh dunia

 

6. Black Ghost

Seperti namanya, ikan ini memang memiliki warna yang hitam . Bentuk tubuhnya menggelambir, membuatnya mungkin untuk melakukan gerakan maju-mundur dan jungkir balik bak penari balet. Tingkahnya yang lentur dan lucu inilah yang bisa membuat ramai isi akuarium kalian.

 

7. Ikan Oscar

Berbeda dengan ikan lainnya, ikan satu ini dikenal tidak ramah dengan jenis lain karena sifatnya yang agresif. Sangat berbeda dengan tampilannya yang cantik dan mempesona. Untuk memelihara ikan oscar, kalian butuh akuarium yang lebih besar, karena ikan ini bisa tumbuh besar ketika dewasa. Di alam bebas, ikan ini bisa hidup hingga 10-12 tahun, tergantung dengan ketahanan tubuh mereka.

Diantara 7 ikan diatas, ikan mana yang cocok untuk kalian pelihara? [mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar