Iklan Banner Sukun
Ragam

Rekomendasi FIlm yang Cocok Ditonotn Di Hari Pahlawan

(Foto: Twitter, @BOSMovie_ID

Surabaya (beritajatim.com) – Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan. Hari yang sangat bersejarah bagi perjuangan bangsa Indonesia sebagai negara merdeka seutuhnya.

Tanggal 10 November diperingati sebagai hari nasional guna mengenang perjuangan rakyat Indonesia, khususnya rakyat Surabaya yang terlibat dalam pertempuran Surabaya pada 10 November 1945. Pada tanggal 10 November juga Bung Tomo serta masyarakat Indonesia di Surabaya terlibat dalam pertempuran dahsyat dengan Belanda.

Guna memperingati hari pahlawan dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan mengenang kembali para pahlawan Indonesia melalui film. Berikut ini film yang bisa ditonton saat hari pahlawan 10 November.

Merdeka atau Mati Soerabaia 45 (1990)

Film ini merupakan sebuah film dokumenter tentang perjuangan Indonesia yang rilis pada tahun 1990. Film ini disutradarai oleh Imam Tantowi dan dibintangi oleh Nyoman Swadayani, Leo Kristi dan Usman Effendy.

Berkisah tentang perjuangan bangsa Indonesia usai Proklamasi Kemerdekaan berkumandang, namun rakyat Surabaya seolah tidak percaya kalau Proklamasi tersebut benar adanya. Proklamasi disambut gembira oleh rakyat.

Namun, Jepang masih berkuasa namun sudah tidak memiliki taji disusul Belanda yang kembali menebar ancaman. Sehingga pecahlah sebuah pertempuran di Surabaya pada tanggal 10 November 1945.

Battle of Surabaya (2015)

Film yang bertema perjuangan Indonesia ini menggunakan tampilan animasi 2 dimensi. Film animasi Battle of Surabaya ini diproduksi oleh MSV Pictures,disutradarai oleh Aryanto Yuniawan dan rilis pada tahun 2015 lalu.

Battle of Surabaya berkisah tentang petualangan Musa. Seorang remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan masyarakat Surabaya pada pertempuran 10 November 1945. Kisah dan animasi yang epik membawa Battle of Surabaya menjuarai berbagai penghargaan film ternama.

Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Tidak hanya pahlawan yang berjuang di medan perang, pahlawan pun hadir dalam wujud seperti seorang guru. Pada tahun 2015 lalu, hadir film yang mengangkat tema pahlawan guru bangsa Indonesia yaitu HOS Tjokroaminoto.

Disutradarai oleh sineas kenamaan Garin Nugroho dengan diperankan oleh nama tenar seperti Reza Rahadian, Christine Hakim, Didi Petet, Alex Komang, Egi Fedly dan Sujiwo Tedjo.

Film ini berkisah tentang sosok Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto yang lahir dari kaum dari biru Jawa dengan latar belakang keislaman yang kuat. Tjokroaminoto tidak bisa tinggal diam melihat bagaimana masih banyak rakyat Indonesia yang belum berpendidikan dan masih menyandang perbedaan sosial etnis juga kasta.

Jangan sampai terlewat, hari Pahlawan penting untuk diperingati sebagai langkah merawat sejarah dan ingatan perjuangan bangsa. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar