Ragam

Rebung, Tunas Bambu yang Tinggi Serat dan Antioksidan

Tangkap Layar, Channel Youtube, Liziqi

Surabaya (beritajatim.com) – Rebung atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Dendrocalamusa sper merupakan salah satu makanan yang banyak digemari dalam masakan Indonesia. Rebung bukan hanya sayuran, tetapi juga sering digunakan untuk membuat isi lumpia.

Rebung meskipun keras di bagian luarnya, tetapi ternyata lembut didalam. Selain itu juga sedikit manis dan renyah. Selama berabad-abad, orang Asia telah membuatnya menjadi berbagai olahan makanan. Selain rasanya yang enak jika di masak dalam bentuk apapun, rebung juga mengandung, mineral, serat, antioksidan, vitamin dan protein serta rendah lemak.

Berikut beberapa Manfaat rebung bagi tubuh, simak selengkapnya!

Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Sistem imun tubuh yang kuat dapat mencegah penyakit, terutama infeksi virus seperti flu dan COVID19. Makanlah makanan yang bergizi seperti rebung untuk menjaga daya tahan tubuh yang kuat. Hal ini karena rebung mengandung nutrisi yang cocok untuk memperkuat sistem imun tubuh yaitu protein, antioksidan, vitamin dan mineral.

Dapat Mencegah Kanker
rebung tidak hanya dapat meningkatkan sitem imun yang kuat, karena kandungan antioksidannya juga dapat mencegah risiko kanker. Menurut sebuah studi International Scholarly Research Notices, rebung memeiliki zat lignan dan fitosterol yang diyakini adalah zat anti kanker. Kedua zat ini membantu mengontrol pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal
Makanan yang rendah kalori dan lemak dapat menjaga berat badan tetap ideal. Jenis makanannya adalah rebung. Rebung tidak hanya baik untuk menjaga berat badan ideal, tetapi juga baik untuk diet. rebung kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, dan juga Rebung rendah kalori dan lemak yang cocok untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Mengatur Tekanan Darah Tinggi
Rebung dapat menurunkan tekan darah tingggi karena terdapat kandungan potassium yang tinggi. peran potasium sangat penting dalam menjaga tekanan darah yaitu dengan meningkatkan detak jantung. Selain itu rebung juga mengandung banyak kalium yang dapat berfungsi sebagai elektrolit kalium dan juga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah. [ptr/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar