Iklan Banner Sukun
Ragam

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Simak Sepak Terjangnya Semasa Hidup

Ratu Elizabeth II (Sumber foto : Instagram @theroyalfamily)

Surabaya (beritajatim.com) – Setelah menjabat sebagai Ratu Britania Raya dan 14 Negara Persemakmuran selama 70 tahun lamanya, Ratu Elizabeth II dinyatakan wafat pada Kamis, 8 September 2022 di Balmoral, Skotlandia.

Penyebab kematian penguasa Inggris tersebut masih belum diinformasikan secara resmi, namun diketahui bahwa kondisi kesehatan ratu memang memburuk dalam beberapa waktu terakhir.

Berita buruk ini tentunya menyisakan duka yang amat mendalam, tidak hanya bagi keluarga namun juga seluruh masyarakat. Mengingat 70 tahun masa kepemimpinan bukanlah waktu yang sebentar.


Ia berhasil membawa monarki lama ke monarki modern, serta dianggap membawa perkembangan yang begitu besar.

Berdasarkan profil resminya pada situs Royal.co.uk, Elizabeth yang lahir pada 21 April 1926 di London ini merupakan putri pertama dari pasangan Raja George IV dan istrinya yang juga bernama Ratu Elizabeth.

Ratu Elizabeth II lahir dengan nama Elizabeth Alexandra Mary dan memiliki nama kecil ‘Lilibeth’. Ia juga memiliki adik perempuan bernama Putri Margaret.

Bisa dibilang, kekuasaan yang diberikan pada Ratu Elizabeth II ini merupakan ketidak sengajaan tanpa rencana.

Sang paman, Raja Edward VII yang seharusnya memegang takhta justru memilih meninggalkan kerajaan pada 1936 dan menikahi pujaan hatinya asal Amerika Serikat.

Alhasil, Pangeran George harus naik tahta menjadi Raja George VI, dan Putri Elizabeth menjadi putri mahkota.

Setelah sang ayah wafat pada 1952, gelar putri mahkota pun beralih menjadi Ratu sehingga ia harus mengemban tugas yang lebih berat lagi.

Ratu Elizabeth II menjadi Elizabeth kedua yang menjabat sebagai ratu dalam sejarah keluarga kerajaan Inggrisnya. Sebelumnya ada Ratu Elizabeth I, ratu terakhir dari Dinasti Tudor.

Ratu Elizabeth II dikenal sebagai perempuan yang tangguh, ia pernah ikut berperang sebagai sukarelawan di Perang Dunia II. Dua tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1947, Elizabeth menikahi sepupu jauhnya yang merupakan Letnan Angkatan Laut dan Pangeran Yunani, Philip Mountbatten.

Elizabeth mengagumi Philip saat berkunjung ke sebuah perguruan tinggi angkatan laut. Ketika itu, Sang Ratu masih berusia 13 tahun.

Pernikahan mereka pun berjalan dengan harmonis dan penuh kasih sayang, hingga melahirkan empat anak, yakni Charles, Anne, Andrew, dan Edward.

Sayangnya, keharmonisan tersebut tak bisa terlihat lagi lantaran Philip Mountbatten lebih dulu menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 2021 lalu.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Ratu Elizabeth II telah duduk di puncak kejayaannya selama 70 tahun lamanya, sehingga ia dinobatkan sebagai ratu terlama kedua dalam sejarah.

Banyak hal sudah dilakukan Ratu Elizabeth II selama masa kepemimpinannya, dan tentunya membawa ke arah yang lebih baik.

Salah satunya adalah membawa teknologi dalam keluarga kerajaan dengan mengizinkan mereka berinteraksi melalui siaran televisi pada 1970.

Menjadi ratu yang bijaksana, Ia pun mendorong anggota keluarganya untuk memprioritaskan kepentingan masyarakat.

Di tahun 1961, Elizabeth melakukan tur ke anak benua India, lalu di tahun 1968 ia menjadi pemimpin monarki pertama yang melancong ke Amerika Selatan, serta negara-negara di Teluk Persia pada tahun 1979.

Tidak hanya itu, kunjungannya ke Irlandia di tahun 2011 juga menjadi kunjungan pertama yang didapat Irlandia dari seorang raja atau ratu setelah 100 tahun lamanya.

Meski begitu, kesuksesannya ini bukanlah tanpa ujian. Ia bahkan mendapat begitu banyak petaka di tahun 1992, lantaran tiga dari anak-anaknya memutuskan untuk bercerai serta musibah kebakaran yang terjadi di Kastil Windsor.

Salah satu momen yang dianggap sebagai ujian terbesar dan ter fenomenalnya mungkin adalah kematian menantu perempuannya, Lady Diana pada 1997.

Selain menjadi berita duka yang kontroversial, peristiwa tersebut juga merusak citra kerajaan Inggris di mata masyarakat. Banyak desas-desus yang dilayangkan pada kerajaan kala itu, bahkan hingga saat ini.

Pada tahun 2015, Ratu Elizabeth II resmi mengungguli rekor waktu menjabat terlama Ratu Victoria dalam sejarah Inggris. Yang mana Ratu Victoria telah menjabat selama 64 tahun sebelum wafat di tahun 1901.

Setelah Pangeran Philip menarik diri dari publik pada tahun 2017, Ratu Elizabeth II pun melakukan hal yang sama. Tugas-tugasnya banyak ia serahkan pada cucunya, yakni Pangeran William dan sang istri Kate Middleton, Duchess of Cambridge.

Sebelumnya Pangeran Harry dan Meghan, Duchess of Sussex juga banyak berpartisipasi, akan tetapi lantaran kontroversi yang tersebar luas mereka lantas mengundurkan diri.

Harta Elizabeth yang melimpah menjadikan ia sebagai salah satu wanita terkaya di dunia. Namun, ia justru dikenal sebagai ratu yang sederhana, terutama dalam kehidupannya di istana.

Salah satu kegiatan yang digemari adalah menunggangi kuda, bahkan kerap kali ia menghadiri balapan dan mengunjungi peternakan kuda di beberapa wilayah.

Meski telah tiada, Ratu Elizabeth II akan selalu terkenang dan memiliki tempat tersendiri di hati rakyatnya. (mnd/nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar