Ragam

Punya Masalah dengan Haid yang Kurang Lancar, Atasi dengan 3 Buah ini

Ilustrasi nyeri saat datang bulan (foto : Andrea Piacquadio, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Pria dan Wanita diciptakan berbeda, ada beberapa hal yang hanya dimiliki masing-masing dari mereka. Selain itu, tentu ada sesuatu yang hanya dialami salah satu dari mereka. Salah satu contohnya adalah haid atau menstruasi. Proses bulanan ini hanya dialami oleh wanita. Biasanya hal ini terjadi ketika wanita memasuki masa remaja.

Menstruasi merupakan siklus yang berputar selama sebulan. Waktu perputaran menstruasi yang terjadi kurang teratur kemungkinan terjadi bahkan pernah dialami oleh sebagian orang.

Sebenarnya tidak ada faktor khusus yang menyebabkan hal itu terjadi. Namun, ada berbagai faktor dari kebiasaan makan yang kurang teratur, aktivitas fisik yang berkurang, perubahan hormon dah perasaan stress.

Solusi utama yang dapat dilakukan adalah merubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan menjaga tubuh lebih sehat melalui olahraga dan rutin mengkonsumsi buah-buahan sebagai cara yang efektif dalam menjaga kesehatan diri, berikut rekomendasi buah yang dapat memperlancar haid:

Pepaya
Pepaya berperan untuk membantu proses kontraksi serat otot pada rahim sehingga memudahkan proses menstruasi terjadi. Rutin mengkonsumsi pepaya hijau selama beberapa bulan berperan dalam memastikan siklus menstruasi supaya tetap teratur setiap bulannya. Namun ketika sedang menstruasi, disarankan untuk tidak makan pepaya.

Nanas
Buah yang kaya dengan Kandungan bromelain berfungsi untuk mempelancar proses haid. Bukan hanya itu, Bromelain merupakan enzim yang berpengaruh pada estrogen dan hormon lain, menghilangkan kram dan sakit kepala saat proses menstruasi.Ada berbagai manfaat lain dari kandungan Bromelain pada nanas seperti mengurangi peradangan untuk membantu proses menstruasi tidak teratur ketika itu berhubungan dengan peradangan pada tubuh.

Alpukat
Salah satu buah yang termasuk dalam kategori tersehat di dunia. Manfaat dari Alpukat mampu memperlancar haid karena memiliki kandungan buah yang kaya akan lemak sehat , serat.,magnesium, kalium, vitamin E dan B6 yang mampu menyeimbangkan hormon dan memperlancar siklus menstruasi.Selain itu, Alpukat mampu menyerap dan menghilangkan prostaglandin/ zat kimia nyeri untuk mengurangi rasa kram perut dan nyeri saat menstruasi. [prd/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar