Iklan Banner Sukun
Ragam

Puasa Semakin Dekat, Lakukan Amalan Bulan Ramadhan Ini agar Pahala Melimpah

Ilustrasi menyambut bulan Ramadhan dengan penuh amalan shalih. (Sumber foto: Abdullah Ghatasheh, pexels.com)

Surabaya – (beritajatim.com) – Tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadan, yang mana menjadi bulan penuh berkah bagi umat muslim. Pada bulan ini, kita tidak hanya diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa, namun juga berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan.

Pada bulan yang istimewa ini, setiap amalan yang kita lakukan akan menghasilkan berkah dan pahala berlipat ganda. Itulah mengapa jangan sampai kita sia-siakan dan terus menyebarkan kebaikan demi menabung pahala.

Berikut ini adalah berbagai kegiatan bermanfaat dan penuh berkah yang bisa kalian lakukan di bulan Ramadan.

1. Perbanyak sedekah

Bersedekah memang tidak hanya dilakukan saat bulan Ramadan saja, namun dengan memperbanyak sedekah pada bulan ini, akan menjadi keistimewaan tersendiri. Jangan menunda atau pun merasa ragu untuk bersedekah, bahkan jika bisa, sisihkan rezeki kalian untuk bersedekah setiap harinya. Allah SWT begitu mencintai hambanya yang suka beramal.

Salah satu bentuk sedekah yang bisa kalian lakukan adalah berbagi makanan untuk orang lain berbuka. Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang memberi berbuka orang puasa, baginya pahala seperti pahala orang berpuasa tadi tanpa dikurangi dari pahalanya sedikitpun,” (HR Ahmad Nasai dan dishahihkan al-Albani).

2. Melakukan Sunah

Jika selama ini kita selalu fokus pada ibadah-ibadah wajib, maka pada bulan puasa ini ada baiknya untuk meningkatkan ibadah sunah kita. Mulai dari salat sunah, berdzikir, hingga sahur yang terkadang masih dianggap enteng.

Usahakan untuk selalu melakukan sahur meski hanya makan makanan ringan atau bahkan segelas air putih. Akan ada berkah tersendiri dari setiap menu sahur yang kita santap.

3. Salat malam

Ibadah disepertiga malam ini merupakan salah satu sunah yang telah disebutkan. Tak hanya pahala, namun kita bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah saat melakukan salat malam ini. Rasulullah SAW pun bersabda,

“Barangsiapa mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan amalan sunah pada bulan Ramadan, maka (pahalanya) seperti orang yang melakukan amalan fardhu pada bulan lainnya,”

4. Mengkhatamkan Alquran

Percaya tak percaya, kalian bisa melakukan ini dalam jangka waktu satu bulan saja, atau selama bulan puasa penuh. Kuncinya terletak pada konsistensi, jika kalian rutin menghabiskan satu juz dalam sehari, maka kalian bisa menghabiskan 30 juz dalam satu bulannya. Membaca Alquran juga akan menjadi kegiatan ngabuburit yang bermanfaat.

5. Berdiam diri

Berdiam diri yang dimaksud adalah berdiam yang dilakukan di masjid dan tentu saja dengan tujuan ibadah. Amalan ini berhubungan dengan jatuhnya malam Lailatur Qadar yang terjadi pada satu malam di antara 10 hari terakhir Ramadan.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Abu Sa’id Al-Khudri:

“Aku pernah melakukan I’tikaf pada sepuluh hari Ramadan yang pertama. Aku berkeinginan mencari Lailatul Qadar pada malam tersebut. Kemudian aku beri’tikaf di pertengahan bulan, aku datang dan ada yang mengatakan padaku bahwa Lailatul Qadar itu di sepuluh hari terakhir.

“Siapa saja yang ingin beri’tikaf di antara kalian, maka beri’tikaflah.’ Lalu di antara para sahabat ada yang beri’tikaf bersama beliau,” (HR Bukhari).

Jadikan Ramadan sebagi ajang untuk berbuat kebaikan, jangan sia-siakan bulan yang suci ini karena belum tentu di tahun depan kalian bisa merasakannya kembali. (mnd/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar