Ragam

3 Provinsi dengan Jumlah Penginapan Terbanyak, Jawa Timur Ada di Peringkat Berapa?

Penginapan di Bali
Penginapan di Bali. (Sumber foto: pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Usaha akomodasi seperti penginapan memang menjanjikan, apalagi Indonesia adalah negara yang kaya akan wisata alamnya.

Dari banyaknya penginapan yang ada di Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat seluruh usaha penginapan dan membaginya dalam kategori Provinsi.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2022 jumlah usaha penginapan Indonesia sebanyak 29.742, dengan jumlah kamar sebanyak 788.892. Angka penginapan ini naik dari tahun 2021 yang sebelumnya sebanyak 27.607 usaha penginapan, dengan 718.898 kamar.

Sebenarnya sebelum pandemi Covid-19, jumlah penginapan di Indonesia mengalami kenaikan setiap tahun. Terutama lima tahun dari 2015 hingga 2020 yang mencapai total 30.823 penginapan dan 870.783 kamar yang disewakan.

Lantas, berapa jumlah usaha penginapan pada setiap provinsi? Berikut provinsi dengan jumlah penginapan terbanyak.

1. Jawa Timur

Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah usaha akomodasi penginapan terbanyak di Indonesia dengan total 4053 tempat penginapan, yang terdiri dari 333 hotel berbintang dan 3720 penginapan jenis lainnya.

Jawa Timur memang memiliki destinasi wisata yang tidak kalah banyak. Beberapa yang populer, seperti Batu, wisata sejarah di Mojokerto, wisata Museum seperti di Surabaya, dan lainnya.

2. Bali

Disusul di bawahnya ada Bali dengan total penginapan 3528 yang terdiri dari 434 hotel berbintang dan 3094 penginapan jenis lainnya.

Bali tidak diragukan lagi adalah surganya wisata populer di mata Internasional. Keindahan pantai Kuta, patung Garuda Wisnu Kencana, tarian kecak, dan lain sebagainya menjadikan daya tarik tersendiri. Sehingga ratusan ribu wisatawan setiap tahunnya diprediksi memadati provinsi ini.

3. Jawa Barat

Sementara itu, Jawa Barat menjadi provinsi ketiga dengan total penginapan terbanyak yaitu sejumlah 3.335 yang terdiri dari 552 hotel berbintang dan 2.783 penginapan jenis lainnya.

Dari data di atas, Jawa Timur ternyata menempati urutan pertama mengalahkan Bali, yang merupakan ikon wisata terkenal di internasional. Selain itu, jumlah penginapan selain hotel berbintang ternyata lebih banyak.

Usaha akomodasi penginapan memang menjanjikan, terutama di negara surga wisata seperti Indonesia. Jumlah penginapan sempat menurun akibat pandemi namun pulih kembali di tahun 2022 serta diperkirakan pada tahun 2023 akan semakin meningkat. (kai/nap)

Apa Reaksi Anda?

Komentar