Iklan Banner Sukun
Ragam

Profesi Ghost Writer: Penulis di Balik Layar dengan Bayaran Fantastis

Ilustrasi pekerjaan ghost writer yang bergaji fantastis. (Patrick Fore, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Ghost writer merupakan istilah bagi para penulis yang dipekerjakan dengan timbal balik berupa uang, bukan kredit atau hak cipta dari tulisan yang mereka bikin. Biasanya pekerja ghost writer akan bekerja untuk orang yang memiliki gagasan, namun tidak bisa menuangkannya.

Ada beberapa tugas yang akan dilakukan oleh seorang ghost writer. Pertama, menulis sesuai dengan gaya tulisan dari klien, seolah-olah tulisan tersebut dibuat oleh penulis aslinya. Ghost writer penting untuk menguasai teknik menulis yang beragama agar bisa menuliskan sesuai pesanan klien.

Kedua, mengedit juga mengembangkan ide dari klien. Klien biasanya memiliki ide namun tidak memiliki waktu untuk menuangkan jadi tulisan, atau bisa jadi memang tidak bisa menulis. Ketiga, merancang ide serta konsep tulisan bagi klien yang sama sekali tidak memiliki ide namun hendak membahas suatu topik.

Keempat, memberi konsultasi pada klien tentang berbagai opsi penerbitan. Biasanya ada klien yang ingin menerbitkan tulisan jadi sebuah buku atau dimuat pada media. Tugas seorang ghost writer harus paham dengan alur ini sehingga bisa membantu klien sesuai minat dan pesannya.

Lantas mengapa profesi ghost writer ini banyak dibutuhkan dan dicari. Alasan utama karena ghost writer punya peran penting bagi para penulis yang mengalami writer’s block atau kemandegan dalam mengolah ide dan arah tulisan.

Selain itu, ghost writer biasanya adalah orang yang mampu mencerna dan memahami ide seseorang. Hasil dari ini lalu diubah menjadi kata-kata yang lebih baik dan mudah dipahami oleh para pembaca.

Ghostwriter ini juga bisa jadi alternatif bagi para penulis yang memiliki kesibukan lain atau kurang paham pada alur bahasa tertentu.

Terlepas dari bayarannya yang menurut isu beredar cukup tinggi. Ternyata pekerjaan profesi ini juga menuai pro dan kontra.

Dari sisi pro, sama halnya bisnis di bidang apapun, para ghost writer pun memberikan hasil yang terbaik demi memenuhi harapan klien lewat tulisan.

Sisi kontro memandang bahwa penulis yang menggunakan jasa ghost writer sebagai kegiatan plagiat. Karena ghost writer dianggap sama dengan plagiarisme sehingga orang mungkin akan memandang rendah penulis yang ketahuan menggunakan jasa ini. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar