Iklan Banner Sukun
Ragam

Piala Oscar Sebentar Lagi, Berikut Ini Film Asia yang Masuk Nominasi

(Foto: Drive My Car, IMDb)

Surabaya (beritajatim.com) – Piala Oscar merupakan penghargaan tertinggi bagi industri film Hollywood. Academy award ini telah berhasil melahirkan tak hanya film, namun juga aktor, aktris, bahkan sutrada berkelas.

Tahun ini, pagelaran yang pertama kali diadakan pada 16 Mei 1929 ini ditetapkan untuk tayang pada 27 Maret 2022. Yakni dari Dolby Theatre, Los Angeles.

Sementara itu, shortlist untuk nominasi penghargaan Best International Feature Film pun telah diumumkan oleh The Academy of Motion Pictures and Sciences. Dari 15 film yang masuk nominasi, ternyata ada 3 film yang berasal dari Asia.

Apa saja film-film tersebut?

1. Lunana : A Yak in the Classroom (Bhutan)

Film yang rilis pada 5 Oktober 2019 ini merupakan garapan sutradara Pawo Choyning Dorji. Berdurasi 109 menit, film ini secara perdana ditayangkan di BFI London Film Festival.

Kisahnya tentang seorang musisi yang tinggal di ibu kota Bhutan, ia memiliki mimpi begitu besar untuk bisa pindah ke Australia. Presiden Samuel Goldwyn Films, Peter Goldwyn mengatakan bahwa film ini bak angin segar di waktu yang kelam ini.

2. A Hero (Iran)

Besutan Asghat Farhadi ini juga mendapat anggukan dari para The Academy. Dirilis pada 13 Juli 202, film ini menceritakan kisah Rahim, yang harus menjalani masa tahanan lantaran hutang-hutang yang menumpuk dan tak dapat dibayar.

Setelah terbebas, ia pun berusaha untuk meyakinkan para kreditur agar menarik tuntutan mereka. Namun keadaan ternyata tak sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

The Wall Street Journal menyebutkan bahwa film ini sangat kompleks dan mampu mengaduk-aduk perasaan penonton. Sebelumnya, A Hero telah memenangkan 2 penghargaan dari Cannes Film Festival dari 3 nominasi.

3. Drive My Car (Jepang)

Film ini menjadi perbincangan hangat diantara para kritikus dan penikmat sinema. Bahkan baru saja Drive My Car meraih piala Golden Globe Awards 2022 dalam kategori Best Motion Picture Non-English Language.

Digarap oleh Ryusuke Hamaguchi, film ini bercerita tentang seorang pria bernama Yusuke (Hidetoshi Nishijima) yang berprofesi sebagai aktor dan sutradara sebuah pementasan. Ia menikah dengan Fukaku (Reika Kirishima), yang bekerja sebagai penulis naskah.

Namun, kehidupan pernikahan yang bahagia tiba-tiba berantakan setelah Fukaku tiba-tiba menghilang dan meninggalkan sebuah rahasia. Dua tahun kemudian, Yusuke mendapat pekerjaan baru sebagai sutradara teater di Hiroshima. Di sana, ia bertemu dengan Misaki (Toko Miura) yang menjadi sopir pribadinya.

Untuk saat ini, film-film di atas masih akan melalui tahap voting, dari tanggal 27 Januari hingga 1 Februari 2022. Pengumuman resmi nominasi-nominasi Piala Oscar tahun ini akan diadakan pada tanggal 8 Februari 2022.[mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar