Iklan Banner Sukun
Ragam

Perut Buncit Bikin Tak Percaya Diri? Lakukan Cara Diet Sehat Berikut

Ilustrasi perut buncit yang perlu diet. (Sumber foto: RODNAE Production, pexels.com)

Surabaya (beritajatim.com) – Memiliki perut buncit tidak hanya menjadi permasalahan bagi kesehatan tapi juga mengganggu penampilan. Selain bisa menurunkan rasa percaya diri, perut buncit rupanya akan menyulitkan kalian saat beraktivitas hingga meningkatkan risiko terserang berbagai penyakit.

Kalian tentu menginginkan perut yang rata dan langsing bukan? Karena akan membuat tubuh lebih ringan dan bugar. Sebelum mengetahui cara mengecilkan perut buncit, kalian harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh menumpuknya lemak visceral di dalam dan sekitar rongga perut. Sedangkan menurut Lawrence Cheskin, MD, ketua departemen studi nutrisi dan makanan di Universitas George Mason dan professor kesehatan di Universitas Johns Hopkins, perut merupakan lokasi paling berbahaya untuk menyimpan lemak.

Hal ini bisa mengakibatkan seseorang lebih mudah diserang penyakit jantung, kanker, diabetes, Alzheimer, sindrom metabolik, dan berbagai penyakit lainnya. Oleh karena itu, kalian bisa mencoba untuk mengikuti cara-cara di bawah ini untuk mengecilkan perut yang buncit.

1. Perbanyak asupan serat

Mencukupi kebutuhan serat pada tubuh menjadi salah satu cara yang paling dianjurkan untuk mengecilkan perut yang buncit. Sebuah studi membuktikan bahwa serat dapat memperlambat penyerapan makanan sehingga kalian akan merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, ada pula penelitian yang mengungkap bahwa pola makan tinggi serat dan karbohidrat kompleks mampu membantu mengurangi berat badan. Asupan serat banyak ditemukan pada kacang-kacangan, alpukat, brokoli, wortel, ubi jalar, pir, apel, dan masih banyak lagi.

2. Kurangi lemak dan gula

Selain perbanyak konsumsi serat, kalian juga perlu menyeimbangkan dengan membatasi makanan yang mengandung lemak dan gula. Apalagi lemak jenuh yang sering dikaitkan dengan keberadaan lemak di perut.

Lemak jenuh ini banyak ditemukan pada daging sapi, mentega, dan produk susu. Untuk menghindarinya, kalian bisa konsumsi ikan dan kacang-kacangan yang mana mengandung lemak tak jenuh.

3. Air putih

Meskipun air putih sangat mudah ditemukan dimana-mana, nyatanya masih banyak orang yang tidak suka minum air putih dan memilih minuman yang berasa. Padahal, meminum air putih dengan rutin dapat membantu mengencilkan perut yang buncit.

Pertama, The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism mengatakan bahwa minum air putih akan meningkatkan total pengeluaran energi hingga 100 kalori per hari.

Kedua, studi dalam Journal of American Dietetic Association menunjukkan jika minum air putih sebelum makan akan membuat kalian lebih kenyang dan makan sedikit kalori.

Ketiga, menurut European Journal of Clinical Nutrition, air putih akan membantui meringankan sembelit dan mengurangi perut kembung.

4. Kardio

Selain mengatur pola makan, ada baiknya kalian juga melakukan latihan kardiovaskular dan aerobic yang bisa membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung.

Prof. Dirk Vissers dari University of Antwerp menunjukkan bahwa latihan aerobik tingkat sedang hingga berat dapat mengurangi lemak tanpa perlu mengurangi asupan kalori. Beberapa yang bisa kalian lakukan adalah berlari atau berenang.

5. Jalan kaki setiap hari

Siapa sangka bahwa faktanya, berjalan cepat selama 30-4o menit per hari dapat mengurangi lemak perut secara signifikan sehingga pinggang lebih ramping.

Salah satu studi yang diterbitkan dalam The Journal of Exercise Nutrition & Biochemistry mengungkapkan bahwa wanita gemuk yang melakukan program jalanan kaki selama 50 hingga 70 menit setiap tiga hari per minggu dan dilakukan selama 12 minggu telah berhasil memang lemak visceral secara signifikan.

6. Jangan stres

Saat stres, pernahkan kalian merasa lebih banyak mengonsumsi makanan dan camilan? Makan dianggap sebagai media untuk mengalihkan rasa stress dan membuat perasaan lebih baik.

Padahal, hal tersebut dapat memicu perut yang buncit. Stres akan melepas hormone kortisol yang dapat membuat gula lebih cepat memasuki aliran darah, yang mana hal tersebut akan membuat tubuh kelebihan energi dan menjadi pemicu meningkatnya nafsu makan.

Ternyata tidak sulit ya untuk mengecilkan perut yang buncit, asalkan semua itu dilakukan dengan niat dan komitmen yang penuh. Selamat mencoba!(mnd)


Apa Reaksi Anda?

Komentar