Iklan Banner Sukun
Ragam

Perut Begah dan Kembung? Konsumsi 5 Makanan Ini

(Foto: Jeshoot, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Perut begah dan kembung memang kerap membuat Anda kurang nyaman. Selain itu perut kembung juga diikuti dengan rasa mual yang berlebihan. Jika Anda mengalami hal ini, disarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan penghilang rasa perut begah seperti di bawah ini:

Pepaya

Buah berwarna oranye ini memiliki enzim bernama papain, yang secara ajaib dapat melancarkan pencernaan. Papain juga membantu memecah serat dan protein sehingga meredakan perut kembung. Melansir dari The Well Nest, Kamis (22/9/2021) Chelsey Amer, MS, RDN, CDN, seorang ahli gizi mengatakan, papain secara efektif dapat membantu individu yang sensitif terhadap gluten. Protein ini umumnya ditemukan dalam gandum, barley, dan gandum hitam. Cobalah untuk mengonsumsi papaya setelah mengonsumsi makanan kaya akan protein yang menyebabkan perut begah.

Nanas

Buah tropis ini juga dapat membantu meringankan rasa tidak nyaman Anda akibat perut kembung. Nanas kaya akan enzim bromelain, memiliki fungsi yang sama dengan senyawa papain pada buah papaya. Walaupun tergolong buah, nanas memiliki senyawa fruktosa atau gula alami yang lebih rendah. Dilaporkan fruktosa juga dapat membuat perut Anda cepat begah.

Kunyit

Seperti dilansir dari salah satu sumber, senyawa kurkumin dan fitokimia yang ditemukan dalam kunyit, berkhasiat sebagai obat anti radang, anti okasidan, dan anti mikroba. Pada tahun 1999, World Health Organization (WHO) merekomendasikan kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat mengatasi asam lambung, perut kembung, bahkan sakit maag. Hal ini karena sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam kunyit dapat menjadi obat sakit perut dan kembung.

Pisang

Buah yang kaya akan kandungan potasium ini dapat membantu Anda menghilangkan perut begah. Potasium juga disebut dapat menangkal kelebihan natrium dalam tubuh Anda. Jadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan asin atau yang mengandung garam, potasium dalam pisang secara cepat dapat membuang kelebihan air.

Apel

Bagi sebagian orang, kandungan air dan serat larut yang tinggi dalam apel dapat membantu meningkatkan pencernaan sekaligus mengurangi kembung dan gas. Buah ini juga mengandung serat unik yang disebut pektin, yang jika bercampur dengan air akan membentuk gel di usus besar. Gel tersebut mampu mempercepat pencernaan yang lamban. (rsf/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar