Ragam

Persiapan Magang, Pahami Paid Internship Dan Unpaid Internship

(Foto: Mimi Thian, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Bagi kalian yang sedang mencari program magang, tentu tidak asing dengan kedua istilah itu. Kemunculan program kampus merdeka, dengan salah satu program magang mahasiswa merdeka membuat banyak perusahaan membuka program magang. Program magang dapat kalian lakukan sebagai persiapan sebelum terjun ke dunia kerja.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari menjalani program magang. Seperti, mendapat pengalaman tentang gambaran nyata dunia kerja. Selain itu, kita dapat memperkaya informasi dan mengasah kemampuan di bidang yang hendak ditekuni. Magang juga bisa menambah relasi. Sebab, selama magang tentu kalian akan bertemu dengan berbagai orang.

Pengalaman kerja magang tentu juga sangat bemanfaat bagi anda untuk meningkatkan kepekaan. Dengan bekerja bersama banyak orang dan memahami berbagai macam tugas dan tanggung jawab kerja, pada akhirnya kalian mampu mengasah softskills dan hardskills sesuai minat.

Magang dibagi menjadi dua yakni paid internship dan unpaid internship. Lalu apa perbedaan kedua hal tersebut. Paid Internship merupakan lowongan magang suatu perusahaan dimana pemagang akan dibayar selama magang atau biasa disebut magang kerja. Kalian akan mendapat gaji sesuai kesepakatan. Sementara itu, unpaid Internship merupakan program magang perusahaan yang tidak memberikan gaji kepada pemagang.

Lalu, apakah magang internship itu tetap penting untuk dilakukan meski tanpa bayaran? Keduanya sama sama penting, karena banyak manfaat. Namun, kalian harus melakukan hal berikut sebelum memutuskan ikut program magang.

Pertama, pastikan sistem pelaksanaan magang. Adanya pandemi ini muncul trend magang di rumah aja atau Work from Home (WFH). Sebaiknya kalian pastikan sistem magang WFH atau WFO yang diterapkan oleh perusahaan yang. Pertimbangan ini berkaitan dengan biaya hidup, transportasi, dan biaya lain.

Kedua, durasi magang. Perusahaan akan mengadakan magang dengan durasi selama 1, 3, 6 bulan. Sebaiknya pastikan hal ini sebelum lakukan magang. Karena berkaitan dengan komitmen yang akan dijalankan.

Ketiga, kesepakatan dengan perusahaan sebelum menjalani magang. Meskipun kalian ikut unpaid internship program, terkadang perusahaan memberi benefit dalam bentuk lain seperti uang kuota, pelatihan profesional, merchandise dan hal lain. Sebelum menjalani magang, pastikan sudah membuat ada kesepakatan dengan perusahaan.

Keempat, harus memastikan tujuan. Tujuan setiap orang berbeda-beda, ada yang ingin untuk mencari pengalaman dan ada yang ingin mengumpulkan uang. Tidak salah jika hendak mendapatkan uang ketika magang, kalian bisa mengikuti paid internship. Namun jika tujuannya untuk mendapat pengalaman yang benar-benar luar biasa, kalian bisa ikut unpaid internship. Sudah siap untuk magang, pertimbangkan hal-hal tersebut. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar