Iklan Banner Sukun
Ragam

Pernah Menjadi Sarang PKI, Inilah 7 Misteri Gunung Kawi

Gunung Kawi pada pagi hari yang tampak indah diselemuti awan putih. (sumber foto: twitter @SwingNyoRonand)

Surabaya (beritajatim.com) – Siapa sih yang tak kenal dengan Gunung Kawi? Dibalik keindahannya gunung yang terletak di Malang selatan, Jawa Timur ini terkenal dengan mitos pesugihan.

Selain itu, dikatakan jika Gunung Kawi menjadi tempat favorit bagi seseorang yang ingin mendapatkan keuntungan berupa harta yang berlimpah. Lalu apakah benar mitos tersebut?

1. Pohon Dawandaru
Adanya keberadaan pohon Dawandaru atau biasa disebut sebagai pohon keberuntungan di Gunung Kawi.

Pohon ini terletak di area pemakaman, konon jika Anda kejatuhan daun maupun buahnya dan bila disimpan maka akan menjadi orang yang bergelimang harta. Tertarik untuk mencoba?

Namun seperti namanya, dibutuhkan kesabaran untuk menunggu beberapa bagian dari pohon tersebut jatuh.

2. Tempat Pertapaan Para Raja
Taukah Anda jika Prabu Kameswara dari kerajaan Kediri pernah bertapa di lokasi Kraton Gunung Kawi.

Tidak hanya itu ia juga memilih untuk turun tahta dan melakukan pertapaan di tempat ini mengikuti jejak Mpu Sindok untuk moksa.

3. Dianggap Sarang Persembunyian PKI
Selain menjadi tempat pertapaan, masyarakat setempat mengklaim jika Kraton Gunung Kawi dulunya sempat menjadi sarang anggota PKI yang bersembunyi pada tahun 1965, lantaran kondisi politik Indonesia yang tidak stabil dan menyebabkan kraton ditutup.

4. Rumah Padepokan Eyang Sujo
Padepokan yang pertama kali didirikan di Blitar, Jawa Timur ini disinyalir memiliki koneksi dengan pesugihan Gunung Kawi.

Rumah padepokan yang diberikan kepada Ki Maridun ini memiliki berbagai peninggalan, seperti bantal dan guling yang berbahan batang pohon kelapa hingga tombak pusaka semasa perang Diponegoro.

5. Ritual Jumat Legi dan 12 Suro
Pada Jumat Legi dan tanggal 12 bulan Suro sebagian orang melakukan aktivitas ritual di dalam bangunan makam, tetapi tidak diperbolehkan adanya batasan yang negatif. Serta disarankan untuk membersihkan badan dengan mandi keramas sebelum memulai ritual.

Ritual yang dilakukan Jumat Legi bertepaan dengan hari pemakanan Eyang Jugo (Kyai Zakaria II) dan pada tanggal 12 bulan Suro adalah peringatan wafat Eyang Sujo (Raden Mas Iman Sudjono).

6. Air Bertuah
Tidak hanya itu, di Gunung Kawi ini juga terdapat kendi yang berisi air bertuah. Air tersebut dipercaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Bahkan disebut – sebut sebagai tetesan dari sumur zam – zam.

7. Adanya Tumbal Pesugihan
Pelaku pesugihan Gunung Kawi biasanya melakukan ritual tapabrata selama 3 hari di bawah pohon keramat.

Namun sebelum melakukan ritual, mereka diwajibkan untuk melakukan mandi suci yang dipimpin oleh juru kunci di sana. Pelaku pun harus melakukan kontrak mati dengan penguasa gaib Gunung Kawi, yakni mereka harus memberikan tumbal nyawa setiap tahun. Hal tersebut berguna untuk membuatnya menjadi lebih maupun tetap kaya.

Bahkan tumbal yang diminta adalah kerabat yang masih memiliki hubungan darah dengannya. Mengerikan! (frs/nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev