Iklan Banner Sukun
Ragam

Permudah Pengguna, Google Perbarui Cara Sign-In

Google kembali mengembangkan kualitas securitynya, kali ini lewat pembaruan sign-in (foto : Benjamin Dada, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Google baru baru ini memperbarui metode untuk Sign-In pada akun. Demi memberikan keamanan dan keamanan pada pengguna Google mengembangkan cara autentikasi pengguna yang masuk dari website pihak ketiga, sehingga tidak lagi repot dalam mengingat password.

Cara login lewat Application Programming Interface (API) ini dapat diinstal dengan mudah melalui HTML atau JavaScript. Cara ini disebut lebih aman bagi pengguna sebab meminimalisir pembajakan username dan password dari clickjacking atau pembajakan klik, pelacakan piksel, dan ancaman malware lainnya.

Cara baru masuk akun Google ini juga mengurangi potensi pembajakan oleh penjahat dunia maya. Saat ini ketika pengguna memilih untuk sign in ke sebuah situs menggunakan akun Google mereka akan diarahkan untuk membuka halaman situs baru yang bisa membuka peluang bagi peretas untuk membajak proses ini.

Cara penggunaannya pun cukup mudah hanya dengan mengintegrasikan proses sign in ke suatu situs dengan akun Google melalui satu sentuhan. Pengguna tidak diharuskan untuk mengingat password seperti dulu lagi.

Saat login pada situs tertentu, pengguna cukup memilih login dengan akun Google lalu notifikasi akan muncul agar pengguna bisa memilih dengan akun Google yang mana mereka hendak login ke suatu situs

Selanjutnya, ketika pengguna mengetuk tombol ‘Masuk dengan Google’ di sebuah situs, Google akan memunculkan perintah di bagian atas halaman atau bagian bawah saat menggunakan ponsel dengan menu akun Google pengguna. Lalu terdapat pesan konfirmasi dan tombol yang memungkinkan mereka untuk melanjutkan masuk menggunakan akun Google, tanpa perlu memasukkan password setiap kali login.

Pengguna kemudian langsung ditawarkan untuk otomatis login dengan akun Google tertentu yang sudah tercatat sebelumnya. Hal itu membuat akses masuk ke situs menggunakan akun Google jadi lebih mudah dan hanya butuh satu klik saja untuk melakukan login.

Sebagaimana dikutip dari androidpolice.com serangkaian API baru ini dinamakan Layanan Google Identity Services. Sementara fitur autentikasi dengan satu sentuhan disebut One Tap. Perbedaan ini akan mempermudah pengguna karena ketika login dengan situs yang terhubung dengan akun Google tidak perlu harus memasukkan password lagi. [dan/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar