Iklan Banner Sukun
Ragam

Perlu Waspada, Ini Tanda Kanker Rahim Pada Perempuan

(Foto: Cottonbro, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Menjadi seorang wanita memang tidak mudah, mulai dari mengalami haid setiap bulannya, hamil hingga melahirkan, bahkan juga berpotensi mengalami beragam jenis penyakit khusus, seperti kanker rahim.

Tak ayal jika para wanita harus tetap menjaga dan memperhatikan kesehatan diri sendiri. Seperti namanya, kanker rahim terjadi pada rahim atau organ dalam alat reproduksi wanita.

Di sini peranannya sangat penting, karena sebagai tempat tinggalnya janin selama masa kehamilan. Penyebab kanker ini sebenarnya belum diketahui secara jelas, namun para wanita harus selalu waspada dengan cara mengetahui tanda atau gejala timbulnya kanker rahim, berikut di antaranya;

Pendarahan vagina tidak normal

Pendarahan vagina yang tidak normal adalah gejala awal yang mungkin dialami para wanita yang mengidap kanker rahim. Hal ini bisa diketahui bahwa masa haid sudah lewat, atau tidak sedang hamil dan melahirkan.

Tentu keluarnya darah tersebut perlu diperiksakan ke dokter, karena bisa jadi darah tersebut merupakan suatu tanda timbulnya kanker rahim.

Rasa nyeri ketika berhubungan seks

Untuk orang yang baru sekali atau dua kali melakukan hubungan seks tentu rasa nyeri dan sakit dirasa sebagai hal yang lumrah. Namun, jika sudah cukup sering melakukan seks dan rasa nyerinya terus menerus dirasakan, ada baiknya jika konsultasi ke dokter spesialis untuk mengetahui penyebab pastinya.

Sakit pada area panggul

Kanker rahim tidak hanya terasa nyeri pada area kewanitaan. Namun, juga dapat berdampak pada area panggul dan perut yang terasa sangat sakit.

Jika sebelumnya sempat jatuh atau melakukan aktivitas berat, rasa sakit pada panggul mungkin bisa segera pulih. Namun, jika tidak ada sebab pasti, tentu hal ini harus diwaspadai.

Berat badan menurut tiba-tiba

Perlu diwaspadai juga jika tiba-tiba berat badan menurun secara drastis. Terlebih jika tidak ada alasan tertentu, seperti diet atau karena mengalami sakit tertentu sebelumnya. Karena penderita kanker rahim biasanya akan mengalami gejala menurunnya berat badan tersebut.

Rasa nyeri saat buang air kecil

Penyakit kelamin yang menyerang wanita ini biasanya juga dirasakan gejalanya ketika hendak buang air kecil. Bisa jadi muncul rasa nyeri pada vagina ketika seseorang buang air kecil.

Maka jika sudah demikian perlu pemeriksaan oleh dokter agar dapat diketahui penyebabnya serta dicegah dampak buruknya. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan