Iklan Banner Sukun
Ragam

Perlu Diperbaiki, Beberapa Efek Samping Lensa Kontak

(Foto: Nataliya Vaitkevich, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Lensa kontak sering menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki masalah pengelihatan namun, tidak suka menggunakan kaca mata. Selain itu, kontak lens juga menjadi pilihan bagi mereka yang ingin lebih terlihat menawan. Meski, tidak memiliki masalah dengan pengelihatan. Sebab, banyak tersedia lensa kontak dengan warna yang beragam.

Lensa kontak adalah benda asing yang ditempelkan pada bagian depan mata yang sangat penting untuk mata dan biasa dinamakan kornea. Tetapi lensa kontak juga dapat membahayakan mata dalam jangka waktu cepat atau lambat. Tidak hanya softlens, hard lens juga memiliki resiko sama. Terlebih jika dipakai dengan intens atau secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Pemakaian lensa kontak dalam jangka waktu yang lama, dapat menimbulkan resiko buruk terhadap jaringan mata, seperti kelopak mata hingga kornea. Oleh karena itu, mari kita bahas beberapa efek samping penggunaan lensa kontak yang perlu di perhatikan!

Mata menjadi kering

Dengan adanya lensa kontak fungsi lapisan air mata juga bisa terganggu, Semakin lunak atau tipis lensa kontak semakin banyak membutuhkan kadar airnya. untuk mempertahankan kadar elastisnya lensa kontak banyak menyerap air mata, sehingga mata pun pasti menjadi kering dan banyak muncul keluhan mata. Jika keadaan tersebut dibiarkan, lama-kelamaan dapat menyebabkan infeksi mata.

Menyebabkan trauma

Dalam pemasangan dan pelepasan lensa kontak dapat menyebabkan trauma. meskipun sepele, tetapi bakteri yang ada di permukaan mata karena pemasangan dan pencopotan lensa kontak dapat menyebabkan infeksi pada mata.

Reaksi Alergi

Bahan kimia yang terkandung dalam lensa kontak dapat menyebabkan reaksi alergi. Seperti gatal, berair, merah bengkak, dan terasa perih adalah reaksi mata Jika terpapar zat asing tersebut.

Gangguan terhadap otot kelopak mata

Kondisi kelopak mata dapat berpengaruh pada saat kita menggunakan lensa kontak. Gangguan otot kelopak mata adalah salah satu resiko gangguan dari lensa kontak, penyebab kelopak atas mata tampak mengecil dan terkesan lebih rendah adalah resiko efek samping dari pemakaian lensa kontak terlalu lama.

Infeksi kornea

Pengguna lensa kontak dapat menyebabkan resiko infeksi kornea yang serius dan berat, keadaan seperti ini di karenakan daya tahan mata menurun karena pemakain lensa kontak. kuman Pseudomonas, jamur, atau Acanthamoeba adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saat memakai lensa kontak. [ptr/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar