Iklan Banner Sukun
Ragam

Peringatan Hari Pahlawan, Inilah Film Yang Bisa Di tonton!

Tokopedia

Surabaya (beritajatim.com) – Bulan November menjadi suatu identik dengan pahlawan. Maka dari itu, mulai kembali bermunculan film-film tentang perjuangan.

Inilah beberapa rekomendasi yang bisa ditonton untuk kembali mengingatkan perjuangan pahlawan:

 

November 1928
Sebuah karya yang berhasil memenangkan 7 penghargaan dari Festival Film Indonesia 1979 dengan kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Sinematografi Terbaik, Tata Artistik Terbaik, Tata Suara Terbaik, dan Tata Musik Terbaik.

 

Janur Kuning (1979)
Sekilas mungkin ada yang beranggapan jika ini film tentang tentang pernikahan. Namun, Janur Kuning lebih banyak mengisahkan tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia dalam meraih kemerdekaannya yang direbut oleh sekutu. Dalam film Janur Kuning, ada seorang perwira muda, Letkol Soeharto, yang meyakinkan Jenderal Sudirman kembali ke Yogyakarta.

Prestasi dari Film Janur Kuning yang pernah masuk nominasi pada Piala Citra untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik.

Doea Tanda Mata (1985)
Cerita dari film Tanda Mata adalah tentang dua orang perwira berlatar belakang beda, namun berjuang bersama. Produksi dari Film ini adalah Cinema Delapan dan Benoa, dengan produser
Alfani Wiryawan. Sebuah garapan yang dalam proses produksinya melakukan riset mendalam untuk memperoleh informasi terkait kehidupan dan kegiatan di Akademi Militer (Akmil) Magelang.

 

Tjoet Nja Dhien (1988)
Salah satu film yang bercerita tentang FilmTjoet Nja Dhien merupakan film biografi yang menceritakan tentang perjuangan seorang wanita asal Aceh bernama Tjoet Nja Dhien yang sedang berperang melawan penjajahan Belanda pada masa perang Aceh.

Selain itu, Tjoet Nja’ Dhien berhasil memenangkan Piala Citra sebagai Film Terbaik dalam Festival Film Indonesia 1988. Dengan kualitas yang cukup menarik sehingga film ini direstorasi di Belanda, dan ditayangkan kembali di bioskop.

 

Merah Putih (2009)
Film Merah Putih yang merupakan karya kolaborasi rumah produksi nasional dengan internasional. Awalnya Film ini dirilis di tahun 2009 yang menceritakan tentang peristiwa Agresi Militer Belanda 1 pada 1947. Pemeran dari Merah Putih adalah Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Teuku Rifnu, Zumi Zola, dan Darius Sinathrya. Bukan hanya itu, Merah Putih menjadi film pertama dari trilogi film perjuangan yaitu Darah Garuda (2010), dan Hati Merdeka (2011).

 

Kartini (2017)
Nama pahlawan yang sudah tidak asing terdengar. Film Kartini digarap oleh Hanung Bramantyo. Pertama kali rilis film ini ada di 2017. Sedangkan untuk pemerannya adalah Dian Sastrowardoyo yang ditunjuk sebagai pemeran Kartini.

Disini, Film Kartini menampilkan pejuang emansipasi wanita dalam wajah yang lebih berani, kuat, dan cerdas. Hal inilah yang membuat Film Kartini mendapatkan penghargaan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dari Festival Film Indonesia 2017 yang diraih oleh Christine Hakim. [prd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar