Iklan Banner Sukun
Ragam

Perhatikan, Makanan Dan Minuman Ini Berpotensi Merusak Liver

(Foto: Puwadon Sang-ngern, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Hampir semua organ dalam tubuh manusia memiliki fungsi yang sangat penting. Bahkan, jika salah satu organ tersebut mengalami kelainan, bisa saja menganggu sebagian fungsi tubuh manusia. Salah satu yang organ yang memiliki peran paling penting adalah liver atau hati.

Menurut, Centers for Disease Control (CDC) Amerika Serikat dijelaskan bahwa organ yang berperan penting dalam penyaringan limbah kotoran manusia adalah liver. Organ dalam ini memungkinkan tubuh mengolah berbagai makanan yang kita makan. Liver menghasilkan empedu yang membantu dalam proses diet dan menyuplai darah kurang lebih sebanyak satu liter.

Oleh karena itu, kita harus benar-benar menjaga Kesehatan liver kita. Salah satunya dengan cara rutin berolahraga dan menjaga pola hidup sehat. Di sarankan kita menghindari beberapa makanna yang menyebabkan resiko penyakit liver.

Untuk mengetahui makanan dan minuman yang merusak liver, mari kita bahas beberapa makanan dan minuman yang merusak liver, simak selengkapnya!

Makanan yang mengandung glukosa tinggi

Resiko Kerusakan liver yang parah dapat disebabkan karena kita mengkonsumsi makanan yang manis. karena metabolisme karbohidrat adalah salah satu fungsi utama dari organ liver ini. jika kita mengkonsumsi makanan manis juga lebih memebratkan kinerja hati.

Garam dan makanan yang diawetkan

Walaupun garam dapat bermanfaat bagi tubuh kita, tetapi jika di konsumsi secara berlebihan dapat mebahayakan Kesehatan tubuh dan dapat berdampak buruk. Penumpukan cairan dalam rongga perut dapat menyebabkan sesak napas karena terlalu banyak mengkonsumsi garam.

Selain itu hindari makanan yang mengandung natrium tinggi seperti, junk food, ikan asin, cumi dll. Makanan kaleng atau wadah pengawet lainnya adalah makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita liver. Seperti saus kemasan, sosis, dan kornet juga mengandung kandungan garam tinggi.

Makanan berlemak

Junk food dapat memberi pengaruh buruk terhadap Kesehatan liver. Dikarenakan makanan yang mengandung lemak tinggi dapat meningkatkan kinerja liver dan akhirnya menyebabkan gangguan peradangan.

Alkohol

Alkohol dapat menyebabkan kerusakan jaringan organ liver dan meningkatkan kinerja liver. Minuman dan makanan fermentasi seperti legen, tuak, tape, arak dan lainnya dapat meningkatkan resiko kerusakan liver. Oleh karena itu alcohol dan makanan minuman yang berfermentasi dilarang keras untuk dikonsumsi penderita liver. [ptr/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar